Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi

Lagi lagi ada yang tersembunyi, Air Terjun Langkuik Tinggi yang merupakan tempat wisata di Malalak. Dengan pesona keindahan dan asrinya destinasi ini menjadi tempat yang harus kamu tuju.

Destinasi wisata air yang terletak di desa atau Jorong Nyiua, Malalak Selatan Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat ini merupakan surga atau tempat yang indah untuk ditelusuri bagi saya si pecinta hiking/ treking dan pecinta air terjun.

Untuk bisa sampai di destinasi indah ini bisa melalui jalan alternatif Padang – Bukittinggi yang lebih dikenal dengan sebutan Simaka. Apabila kita memulai perjalanan dari Kota Bukittinggi kita terus jalan ke arah Simpang Padang Lua (luar) yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan belok kanan menuju arah Maninjau. Sebaliknya apabila kita memulai dari Kota Padang bisa melalui jalur Padang – Bukittinggi, hingga sampai di simpang Sicincin belok kiri untuk menuju Malalak. Jika terasa sulit, teman – teman bisa menggunakan google maps seperti yang biasa saya lakukan.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Spanduk selamat datang

Malalak sendiri memang dikenal kaya dengan destinasi air terjunnya. Apalagi daerah kecamatan ini berada di sisi barat Gunung Singgalang. Semua destinasi air terjunnya menawarkan air yang dingin, cuaca yang sejuk dan hutan-hutan yang terjaga. Tak kurang ada sekitar 17 destinasi indah air terjun ada di kecamatan ini. Salah satu yang menarik tentu saja Air Terjun Langkuik Tinggi, dimana ketika menelusuri destinasi ini kita akan menemukan 5 air terjun yang keren, indah dan menawan sekaligus.

Skip, dan terus melakukan perjalanan hingga kamu bisa menemukan posko pendaftaran di daerah Nyiua. Tampak pula ada banner yang menunjukan lokasi destinasi yang kita tuju. Selanjutnya kita mendaftar dan membayar karcis masuk sebesar 5000 Rupiah per orang. Selain itu kita juga diwajinkan untuk membayar parkir kendaraan, dalam kasus ini saya menggunakan motor dan harus membayar tarif 5000 Rupiah. Biaya tersebut juga termasuk biaya keamaan motor yang dijaga oleh pemuda setempat. Apabila teman – teman ragu untuk berjalan sendiri juga bisa memanfaatkan jasa guide lokal yang biasanya di lakukan oleh remaja lokal. Sedangkan untuk biaya jasanya tidak di patok dan kita bisa membayar guide tersebut seikhlasnya.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Ngopi dan sarapan dulu

Perjalanan saya kali ini bersama sobat setia saya Amekx dan Yoan. Setelah mendaftar dan membayar kami lalu mulai melanjutkan perjalanan. Hamparan Sawah hingga mulai memasuki hutan rimba menjadi pengantar jalan kami menuju destinasi yang sudah kami rencanakan. Medan perjalanan selanjutnya sudah mulai menanjak dan turunan tajam yang kemudian menjadi makanana kami selama berjalan.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Medan tempur yang penuh tantangan

Menguras tenaga dan ini berbeda dengan mendaki gunung yang jelas-jelas hanya menanjak. Medan naik turun membuat saya mau tak mau terus berusaha. Lantunan takbir terucap dari masing-masing mulut kami. Untungnya setiap melakukan turunan, ada akar-akar pohon yang senantiasa membantu kami untuk turun dengan selamat. Selain itu ternyata warga lokal juga tanggap dengan membuat bantuan pegangan swaktu turun.

Selang beberapa waktu akhirnya kami menemui sebuah turunan terjal dan dalam. Dan ini memang butuh kehati-hatian lebih. Untuk Amekx mungkin biasa saja, tetapi buat saya dan Yoan ini benar-benar melelahkan. Dengkul hampir bertemu dengan dagu karena tingginya.

Setelah berhasil melewati turunan terjal tersebut, medan yang kami tempuh selanjutnya adalah batu batu besar di tepi sungai dengan aliran yang deras. Mau tak mau pula kami berjibaku dan harus loncat meloncat antar batu ke batu yang lainnya. Selain itu batu yang kami loncati tersebut nyatanya licin dan memiliki banyak lumut. Harus pandai-pandai dan berpikir keras agar tidak terpeleset. Selang sekitar 10 menit melewati rintangan batu, akhirnya kami sampai di air terjun yang pertama.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
yang pertama

Dengan suara yang khas, gerojokan pertama menyambut kami. Dengan jalan sedikit menanjak kami akhirnya bisa melihat dengan dekat. Karena yang pertama ini arus turunnya sangat deras, kami tidak berani turun di bawah air terjun. Kami hanya berdiri di atas batu dan lalu mendokumentasikan kegiatan kami disana.

Selanjutnya setelah puas berswa foto kamu kemudian kembali melanjutkan perjalanan untuk destinasi selanjutnya. Dengan jaraknya yang tak terlalu jauh, tetapi tetap dengan medan menantang yang sama. Kali ini kami harus jalan melalui tepi sungai dan bebatuan cadas. Hingga sekitar 5 – 10 menit berjalan, kami melihat air terjun kedua dari kejauhan. Untuk bisa mendekat destinasi yang kedua ini kami diharuskan menyebrangi sungai dengan aliran yang deras. Oleh penduduk lokas, dalam penyebrangan sudah dibuatkan tali, sehingga kita hanya perlu tetap memegan erat tali tersebut.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
yang kedua

Air terjun yang kami lewati kedua ini tidak memiliki tinggi yang signifikan dan aliran air yang turun juga tidak deras. Dari traveler lain yang ikut jalan bersama kami mengatakan kalau di spot inilah kita bisa berenang santai. Sebab semakin terus ke depan, aliran yang dilalui semakin deras. Jika berenang santai, kita juga bisa melihat banyak ikan yang lalu lalang, sayangnya saya tidak tidak membawa pancing ataupun jala. Jadi hanya bisa sebatas melihat kumpulan ikan yang mampu menyegarkan mata.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
yang ketiga

Perjalanan lalu kami lanjutkan segera. Tak jauh sudah terlihat destinasi yang ketiga dengan debit air sangat kecil yang lalu membuat kami terus melanjutkan perjalanan. Untuk menuju air terjun yang ke empat, medan yang ditempuh menanjak dan menurun. Bahkan untuk bisa mendaki, warga lokal telah mempersiapkan tangga dari kayu. Sebab tak ada jalan lain untuk bisa sampai di destinasi ke empat.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
yang keempat

Dari kejauhan kami sudah melihat destinasi air terjun Langkuik Tinggi ke empat dan ke lima. Namun fase tersulit datang, karena kami harus menyebrang ke sisi sungai lainnya. Jalur aliran sungai ini sangat deras, jika tidak ada pegangan di pastikan akan terbawa arus.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Menyebrang di tengah aliran sungai yang deras

Lagi-lagi warga lokal menyadari itu, dan sudah menyediakan tali untuk menyebrang. Sambil berpegangan erat, saya dan teman -teman mulai menyebrang. Aliran deras air menyapu tubuh saya, yang otomatis membuat genggaman pada tali semakin erat. Terus perlahan menahan aliran sungai, sampai akhirnya saya sampai ke sisi tepi sungai di seberang.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Sedikit oleh-oleh saat terpleset

Alhamdulillah, puji syukur saya kepada ALLAH SWT yang memberikan saya kesempatan untuk bisa hadir tempat yang indah ini. Dengan suhu air yang sangat dingin dan ini benar – benar awesome lah. Kami pun segera berswa foto mengabadikan kesuksesan kami sampai di tempat wisata di Malalak ini. Terbayar sudah penat, capek hingga rasa penasaran mendalam untuk bisa melihat destinasi tersembunyi ini.

Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
dengan tangga kayu

Karena memang alirannya sangat deras, kami benar-benar tidak mandi. Hanya berfoto dan duduk bahagia saja. sambil memikirkan bagaimana sulitnya jalan pulang nanti hahaha. Oh iya ada beberapa tips yang mungkin bisa teman – teman terapkan jika mengunjungi lokasi wisata seperti ini.

  • Mempersiapkan fisik yang prima dan kuat itu perlu. Karena pastinya kita akan melewati dan menempuh medan perjalanan yang tak biasa. Hambatan atau rintangan pasti ada dan tentunya bisa menguras banyak tenanga kita
  • Jangan menggunakan sandal jepit, sesuaikan dengan destinasi wisata yang akan kita datangi. Pakai sepatu atau sendal khusus untuk trekking, sebab medan yang dilalui berbatu, licin ataupun terjal.
  • Jangan mengunjungi destinasi ini pada musim hujan, sebab debit air lebih banyak dan terkadang membuat galodo (banjir bandang). Kunjungi lokasi ini saat kemarau saja.
  • Jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, tetapi kalau ada duit berlebih di tempat pendaftaran ada jual kopi ataupun gorengan.
  • Lebih baik dokumentasi dengan action camera. Karena medan yang ditempuh tidak cocok dengan kamera DSRL ataupun mirrorless. Jangan gara – gara mengunjungi tempat ini, sehingga kamera yang ada miliki basah dan rusak.
  • Ingat dimanapun destinasi wisata yang kamu kunjungi, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Selalu menjaga kebersihan, dan bawa kembali sampah yang kamu bawa.
Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi
Langkuik Tinggi

Mudah-mudahan cerita singkat tentang tempat wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi ini bisa membantu teman – teman. Kalau rasanya kurang pas dan ingin mencari air terjun di kecamatan yang sama bisa mengunjungi dan membaca artikel saya tentang air terjun Batang Marambuang.

38 replies on “ Tersembunyi, Tempat Wisata di Malalak Air Terjun Langkuik Tinggi ”
  1. Air terjun Langkuik sungguh rancak ke lima-limanya.
    Medan yg harus dilewati sepadan dgn pembandangan air terjun yg akan ditemui.

  2. Akuh belum pernah main2 ke Pulau Sumatera hehehe…. Kepengen sih suatu hari berkunjung ke Padang dll. Menuju dan berada di beberapa air terjun begini memang membituhkan fisik yg super kuat ya, mental juga..ga boleh cemen wkwkwkw…. Ngeri juga kalau menyeberangi aliran air yang deras gitu..tergelincir dll udh menjadi risiko kayaknya ya, Mas Andrew. Nice story

  3. Nah, petualangan alam seperti ini nih yang aku suka. Air terjun memang menjadi wisata alam yang seringnya tersembunyi jauh di dalam hutan ya, Bang. Kita mesti bersusah-susah dulu sebelum mencapainya. Sumatera Barat nih semakin lama semakin bikin kesengsem buat dikunjungi. Hadoh, jauhnya. Andai dekat dari kota hujan sini, hahaha …

    Tapi di Bogor juga banyak sekali sih wisata air terjun yang belum aku eksplor. Mesti cari teman dulu karena traveling ke air terjun sendirian tuh sangat nggak disarankan.

    Thanks buat info air terjun langkuik tinggi ini ya, Bang.

  4. Biasanya yg tersembunyi emang bagus bagus, blm banyak tercemar..
    Cuma emang hrs sabar mencapainya ya, krn medannya nggak mudah gitu..
    Tapi pas sampai pasti seneng, bagus bgt soalnya

  5. Huwaaa, seru sekali tampaknya. Apa lagi masih bebas dari sampah itu air terjun sepertinya ya. Semoga senantiasa terjaga ya, Kak. Saya bisa khilaf tuh kalau sudah ketemu air terjun bagus begitu. Bisa nggak mau pulang

  6. Wuihhh seruuuu. Jalan-jalan ke air terjun emang bikin capek dan perlu perjuangan yang besar ya mas. Tapi semua lelah tuntas terbayar ketika sampai dan melihat langsung air terjunnya. Saya terakhir ngeair terjun gitu awal tahun 2017, dan gak sadar dong kalau saat itu saya udah hamil sebulan. Hahahaha. Pantas aja pas ke sana berasa lebih berat dan perjalanan ngeair terjun sebelumnya.

  7. Asli air terjunnya bagus sekali dan bisa mendapatkan langsung 5 air terjun tapi sayang akses menuju ke 5 air terjun itu cukup sulit apalagi bagi saya yang sudah ibu-ibu kelebihan berat badan ini pasti kecapean dan rempong dengan anak

  8. Wow… Air terjunnya kece sekali.. Saya sudah lama tidak wisata ke air terjun.. Kalo di daerah saya ada Air Terjun Temam di Lubuk Linggau yang tak kalah kece.. Ayoo Kakak kapan eksplor juga di tempat saya ini..

  9. Sudah lama nih nggak rekreasi ke air terjun. Baca postingan ini jadi kebayang dinginnya air terjun di sana. Pastinya seru sekali ya bisa rekreasi langsung ke 5 air terjun berbeda. Meski medannya cukup berat tapi ndak bakal terasa kalau sudah sampai di lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *