Deretan Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam Wajib Kamu Kunjungi

Sumatera Barat memang sudah menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menyuguhkan sejuta pilihan tempat wisata sangat lengkap. Salah satu wisata unggulannya tentu adalah wisata alam dengan pemandangannya yang dijamin akan memikat! Nah, jika kamu berkunjung atau sedang merencakan liburan ke Sumatera Barat, kamu harus berkunjung ke Kabupaten Agam dan tepatnya di Kecamatan Matur. Ada deretan tempat wisata di Matur Kabupaten Agam yang wajib untuk kamu kunjungi.

Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti perbukitan, danau, pemandian alam, dan masih banyak lainnya. Berada di Sumatera Barat, Kecamatan Matur ini terletak berdekatan dengan Kota Bukittinggi. Oleh sebab itulah kenapa Matur juga menjadi salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki tempat wisata yang sering dikunjungi. Kalau bagi saya sendiri, Matur merupakan kampung halaman, dan ini pula yang membuat saya untuk sharing tentang destinasi menarik di daerah ini.

Kecamatan yang menjadi kampung halaman saya ini tepatnya berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat memiliki luas wilayah 244,03 Kilometer persegi. Dengan luas wilayahnya tersebut kamu akan dibuat penasaran untuk selalu menjelajahi semua tempat wisatanya. Liburan di Matur akan menjadi liburan paling menyenangkan, apalagi jika berlibur beramai-ramai bersama dengan keluarga dan kawan-kawan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam

Jika kamu baru pertama kali berkunjung, tentu kamu perlu beberapa rekomendasi destinasi menarik di Matur Kabupaten Agam, Sumatera Barat kan? Untuk itu, berikut ini beberapa tempat wisata unggulan dengan panoramanya yang sangat memukau untukmu. Catet ya! Jangan sampai kelewatan satupun, sebab urutan 1-4 berdekatan semua.

  1. Puncak Lawang
Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
Danau Maninjau dari Ketinggian

Tempat wisata pertama yang saya rekomendasikan dan wajib untuk dikunjungi adalah Puncak Lawang. Berada diketinggian 1200 Mdpl di daerah Lawang, Kec. Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang menampilkan panorama danau Maninjau dari ketinggian. Kamu akan bisa menikmati keindahan alam Danau Maninjau yang di apit bukit semakin apik dengan pantulan cermin dari air bening yang memukau yang menarik mata siapa saja.

Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
Sunset juga menarik

Belum lagi daerah Lawang ini juga terkenal dinginnya. Jika teman-teman datang pada pagi hari, Puncak Lawang layaknya negeri di atas awan dari yang berkabut perlahan menunjukkan panorama indahnya. Siang hari menjelang sore terkadang bisa berubah, kadang sering pula pemandangan ini tertutup kabut seperti Silent Hill. Lalu bagaimana dengan sunset? Alhamdulillah ini juga merupakan tempat yang tepat untuk melihatnya, berharap ama cuaca cerah saja 😀

Baca Juga :  Traveling ke Ranah Minang, Gunain Bahasa Minang Praktis Ini

Sambil menikmati pemandangan kalian juga bisa membeli air tebu lokal yang memang sudah terkenal di Lawang, namun ingat, sampah buang pada tempatnya.

Ada beberapa spot foto instagramable, tempat melakukan outbond atau pun pada hari tertentu biasanya juga ada paralayang.

Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
Ada berbagai permainan

Untuk bisa masuk ke destinasi ini kalian cukup membayar IDR 20K perorang. Harganya mungkin terdengar sedikit lebih mahal, sebab Puncak Lawang ini konon mau di jadiin resort, makanya namanya juga berubah menjadi Soul Puncak Lawang.

Oh iya ada dari sisi lainnya kamu juga bisa menikmati pemandangan layaknya di puncak lawang yaitu Panorama Bukik Sakura.

  1. Lawang Adventure Park
Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
Salah satu spot menarik di Lawang Park

Destinasi selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Lawang Adventure Park. Sama dengan puncak Lawang, lokasinya di jalan yang sama, juga dengan pemandangan panorama Danau Maninjau dari atas. Tapi ini puncaknya lebih rendah dari pada puncak Lawang

Lawang Adventure Park yang terletak di daerah pegunungan tentu akan jauh dari keramaian. Sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat. Ada banyak sekali fasilitas dan kegiatan yang bisa kamu lakukan disini. Dan untuk tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 saja per orang.

Biasanya banyak perusahan-perusahan atau komunitas yang mengadakan acara gathering di lokasi ini.

  1. Ambun Tanai Park Square
Lebih banyak taman. Photo : instagram/@ndr_stywn

Selain Lawang Adventure Park, ada satu tempat wisata lain yang menyajikan panorama keindahan danau Maninjau yaitu Ambun Tanai Park Square. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Lawang Adventure Park bisa kamu jadikan sebagai destinasi ketiga. Dilegkapi dengan taman bermain dan taman bunga, tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

Untuk bisa menikmati pemandangan di Ambun Tanai Park Square, kamu hanya memerlukan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang saja lho! Murah sekali kan? Meskipun murah, fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai. Dijamin akan betah untuk berlama-lama disini apalagi dengan suhu sejuk berkisar antara 17-22 derajat.

  1. Taman Wisata 13 Nan Basa
Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
View berbeda dari Taman Wisata 13 Nan Basa

Masih berdekatan dengan Lawang Adventure Park, Taman Wisata 13 Nan Basa ini juga menyajikan pemandangan Danau Maninjau. Tak hanya itu, disini kamu juga akan disuguhi dengan hamparan taman yang luas, rumah hobbit dengan desain menarik sehingga akan sangat cocok untuk kamu yang doyan banget foto nih.

Taman Wisata 13 Nan Basa ini memang menjadi salah stau objek wisata yang digandrungi oleh anak-anak muda. Ada banyak sekali spot foto yang instagramable lho! Tiket masuknya juga super murah, untuk dewasa hanya Rp 6.000 dan anak-anak gratis!!

  1. Kelok 44
Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam
Turun ke Kelok 44 Menuju Danau Maninjau

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kelok 44. Destinasi ini merupakan daerah perbukitan/ jalan yang lokasinya berada di atas Danau Maninjau dengan banyak total tikungan 44 belokan yang ekstrim.

Baca Juga :  Air Terjun Batang Marambuang, Pesona Indah Air Terjun Malalak Agam

Jika kamu datang melalui Bukittinggi dan menuju Danau Maninjau, akan disuguhi panorama pemandangan yang sangat memukai dengan indah yang terdiri dari hamparan sawah-sawah yang berbentuk terasering, pancuran-pancuran air dari sungai yang bertingkat, dan pasti hijaunya deretan Bukit Barisan.

Sebaliknya jika kamu datang dari Pasaman Barat, Pariaman atau Lubuk Basung, siap-siap saja kamu akan mendaki terjal dengan tikungannya yang terkenal.

Kelok 44 juga terkenal dan menjadi ikon dalam event besar di tanah air atau Sumatera Barat. Sebut saja Tour de Singkarak yang mendunia dan dilaksanakan tiap tahun.

Kita beristirahat sejenak sambal menikmati pemandangan, dan tiap jalan di belokan ada saja kedai atau warung makan yang bisa kita singgahi. Menikmati kopi panas atau makan mie instan rebus pasti juga menjadi pilihan menarik. Makanya destinasi ini menjadi tempat wisata di Matur yang layak kamu kunjungi.

  1. Objek Wisata Pincuran Gadang
tempat wisata di matur pincuran gadang
Bersantai sejenak di pemandian Pincuran Gadang. Photo : instagram/dewiaprilliazude

Bagi kamu yang sudah menikmati pemandian dengan sumber air alam bisa jadi merupakan destinasi yang tepat. Tertelak di Nagari Matua Hilia, destinasi ini memiliki sumber mata air perbukitan yang jernih dan pastinya duingiiiin.

Asal usul dinamakan Pincuran Gadang karena memmpunyai pancuran air yang sangat besar. Ada beberapa kolam atau tempat pemandian yang bisa digunakan. Antara Pria, Wanita dan anak-anak pun dipisah.

Selain digunakan untuk pemandian, sumber mata air ini juga digunakan warga sekitar untuk perairan irigasi dan ada pula yang dialirkan ke sungai.

Untuk bisa ke destinasi ini mungkin harus berhati-hati karena jalannya kecil, licin dan curam. Sedangkan untuk biaya masuk tidak ada, namun meski demikian kita sebagai pengunjung tetap harus memperhatikan kebersihan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Masjid Pincuran Gadang
tempat wisata di matur, Masjid pincuran gadang
Masjid yang penuh sejarah Photo : instagram/boekittinggi

Betul banget, eh apanya yang betul. Masjid Pincuran Gadang letaknya sama dengan Pemandian Pincuran Gadang di atas. Sebuah mesjid tua yang sudah berusia lebih hampir 2 abad dan menjadi bukti sejarah perkembangan agama Islam di Luhak Agam dan sekitarnya.

Mesjid Pincuran Gadang ini menjadi salah satu peninggalan sejarah perjuangan pahlawan nasional asal Sumatera Barat Tuanku Imam Bonjol sewaktu perang paderi. Menjadi lokasi penyebaran agama Islam sekaligus menjadi basis pertahanan dan atur strategi perang gerilya saat itu.

Baca Juga :  Tak Terencana, Air Terjun Lubuak Bulan Wisata Lima Puluh Kota

Bagi kamu yang sudah menikmati pemandian dengan sumber air alam bisa jadi merupakan destinasi yang tepat. Tertelak di Nagari Matua Hilia, destinasi ini memiliki sumber mata air perbukitan yang jernih dan pastinya duingiiiin.

Asal usul dinamakan Pincuran Gadang karena memmpunyai pancuran air yang sangat besar. Ada beberapa kolam atau tempat pemandian yang bisa digunakan. Antara Pria, Wanita dan anak-anak pun dipisah.

Untuk bisa ke destinasi ini mungkin harus berhati-hati karena jalannya kecil, licin dan curam. Sedangkan untuk biaya masuk tidak ada, namun meski demikian kita sebagai pengunjung tetap harus memperhatikan kebersihan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Rumah Gadang Mudik Pasar Matur.
Meski tak sebesar Rumah Gadang Lainnya

Pulang kampung selalu ada cerita menarik yang bisa saya didapat. Termasuk saya yang memang senang, menggemari dan juga menemukan hal-hal menarik saat berliburan di kampung sendiri

Kali ini yang sering saya lewati adalah sebuah Rumah Gadang. Dengan nama Rumah Gadang Mudik Pasar Matur, diperkirakan berdiri sekitar tahun 1800-an. Arsitektur gedungnya sendiri dipengaruhi oleh arsitektur Belanda yang tediri dari dinding batu berwarna putih krem, mempunyai gonjong khas Sumatera Barat, juga memiliki 8 kamar tidur plus gazebo.

tempat wisata di Matur
Masih kokoh

Rumah ini didirikan oleh Ismail yang juga lebih dikenal dengan nama Tantuo Pakuih (Seorang pengawas Gudang Belanda). Ada berbagai informasi dari internet yang dapat di temukan di rumah ini, termasuk postcard dlm bahasa Belanda, silsilah keluarga dan lainnya. Sayangnya saya tak bisa masuk karena tak tau bagaimana dan harus kemana mencari

Rumah Gadang cantik ini terletak di Nagari Matua Hilia No.77 Jorong Pasar Matur Kecamatan Matur Kab. Agam.

Sebagai generasi masa depan, bangunan yang punya sejarah seperti ini tentunya harus dijaga bersama, agar dapat diketahui pula oleh anak cucu kita nanti.

Punya informasi tentang atau pernah berkunjung ke rumah gadang ini? atau ada arsitektur serupa penuh sejarah di kampung teman-teman? silakan share dikolom komentar ya.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi dan yang saya tau. Saya yakin sebenarnya masih ada banyak sekali potensi destinasi menarik dan hanya saja belum ke ekspos. Oleh karena itu, yuk buktiin sendiri dengan berkunjung ke Matur!

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.