Menesuluri Tempat Wisata Agam Panorama Bukik Sakura

Melihat panorama danau Maninjau di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat melalui Puncak Lawang mungkin sudah banyak yang tau, tetapi apakah pernah mendengar panorama Bukik Sakura yang juga menjadi tempat wisata Agam ? Padahal tempat wisata ini lokasinya berada di sisi Puncak Lawang.

Saya yang sudah biasa ke Puncak Lawang mencoba menelusuri lokasi bukik ini. Lokasi panorama memang cukup jauh di atas perbukitan, namun keindahan yang dimiliki menjadikan para masyarakat setempat saling bekerja sama untuk meningkatkan lokasi agar menjadi destinasi unggulan yang ada di kabupaten Agam. Para wisatawan termasuk saya sendiri merasa sangat penasaran dengan objek wisata Bukik Sakura ini.

Tentang/Sejarah Tempat Wisata Agam

tempat wisata agam panorama bukik sakura

Sebelumya dari informasi yang saya temui, Pemerintah Nagari Baringin sebagai pemerintah setempat sudah berhasil membuat tempat atau lokasi selfie, membangun plang nama, maupun rumah pohon sejak tahun 2020. Rencananya ke depan lokasi wisata ini akan dilengkapi dengan mushola, kedai, dan palanta.

Fasilitas yang ada bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung/ traveler yang ingin duduk bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk. Meski ketika saya mengunjunginya terlihat sepi dan masih sedikit fasilitas yang ada.

Pemerintah daerah sendiri berharap panorama Bukik Sakura kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat yang sedang digerakkan ini mampu memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat yang ada di sekitar. Selain itu dengan adanya perbaikan dan perubahan juga bisa mendongkrak pariwisata yang ada di kabupaten Agam.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi wisata ini mampu memberikan daya tarik bagi para wisatawan untuk datang dan menikmati suasana yang ada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan objek wisata ini mempunyai keunikan tersendiri dalam menikmati pemandangan danau Maninjau dari ketinggian lebih kurang 1100 Mdpl yang membuat para masyarakat luar ingin menyaksikan keindahan Bukik Sakura secara langsung.

Lokasi

Para wisatawan yang ingin berkunjung dan menyaksikan secara langsung bagaimana kenyataan dan keindahan dari tempat wisata Agam ini, apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak, maka bisa berkunjung ke Jorong Data Baringin, Nagari baringin, Kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, Sumatera Barat.

@scotyand

Indahnya Panorama Bukik Sakura di Kab. Agam Provinsi Sumatera Barat. ##fyp ##foryoupage ##travel ##sumaterabarat ##follow ##explore ##samasamabelajar

♬ original sound – Andrew Pradana

Ada beberapa jalan yang bisa digunakan untuk bisa mengunjungi lokasi wisata ini. Untuk jalur pertama adalah dengan melalui jalan Puncak Lawang dengan jarak lebih kurang 7,2 kilometer. Jalurnya hanya bisa dilalui motor karena ditambah akses jalannya menanjak dan menurun juga berliku. Jalur ini pula yang saya lalui sore itu bersama ketiga teman, dengan keadaan berkabut dan hujan ringan. Jalan sangat sepi dan jalurnya kecil selayaknya jalan setapak yang sudah di semen. Melewati jalur ini juga harus hati-hati sebab saat kami lalui hujan membuat permukaan jalan licin sedangkan pada sisi kiri tangan saya adalah jurang. Saya ga menyarankan jika kamu sendiri melewatinya karena kita melewati hutan.

Jalur selanjutnya adalah dengan turun melalui Kelok 44 Maninjau dan terus sampai ke Simpang Pasar Akhaik (akad), Jorong Koto Baru, Nagari Duo Koto sampai melalui Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jalurnya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, tetapi bukan berati mudah. Teman-teman harus sangat berhati-hati selama melewati jalur ini, sebab jalan yang akan dilewati terus menanjak dan banyak tikungan curam. Jalan banyak berlobang meski sudah ada semenisasi atau cor.

tempat wisata agam panorama bukik sakura
Dengan background Danau Maninjau yang indah

Untuk jalur yang kedua ini saya lewati ketika hendak pulang, sebab sore menjelang maghrib itu untuk melewati akses Puncak Lawang cukup menakutkan.

Baca juga : Tempat Wisata di Bukittinggi Terpopuler dan Terhits 2020

Harga Tiket Masuk

tempat wisata agam panorama bukik sakura

Dari beberapa informasi yang saya dapat, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Bukit Sakura maka cukup dengan mengeluarkan harga tiket masuk sebesar Rp10.000. Namun saat saya berkunjung ke tempat wisata Agam ini tidak ada penjual tiket, sehingga kami masuk dengan tidak membayar. Oh kalaupun bayar, dengan harga segitu Kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan, kesejukan dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Daya Tarik Panorama Bukik Sakura

tempat wisata agam panorama bukik sakura
BIsa melihat pemandangan danau Maninjau lebih baik

Pemandangan

Pemandangan dan panorama alam yang ada di sekitar Bukik Sakura tidak akan membohongi Kamu dan tidak akan mengecewakan, karena lokasinya yang begitu sangat menarik perhatian. Kamu bisa menikmati setiap angin sepoi-sepoi dan udaranya yang begitu sangat sejuk, karena lokasi ini sangat jauh dari polusi udara.

tempat wisata agam panorama bukik sakura
Meski cuaca sehabis hujan, tetap layak foto disini

Kita dapat melihat keindahan danau maninjau dari puncak yang berbeda dan banyak yang mengatakan jika konon pemandangannya ini lebih indah dari Puncak Lawang dan Lawang Park.

Jajanan Pengganjal Perut

Jika dari beberapa infomasi, ada banyak sekali berbagai jajanan pengganjal perut yang bisa Kamu nikmati apabila lupa untuk tidak membawa bekal makanan atau snack. Tetapi lagi-lagi sayang sekali, ketika Kami datang keadaan dan kondisi sedang hujan, sehingga tak ada satu pondok jualan pun yang buka.

Baca juga : Enaknya Kuliner Minang Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai Sianok

Spot Foto

tempat wisata agam panorama Bukik Sakura
Ala-ala model boleh donk

Ada banyak sekali tempat menarik dan bisa dijadikan sebagai spot foto. Sehingga para pecinta fotografer pastinya sangat merasa penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini. Bahkan tidak jarang beberapa para masyarakat menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk hunting dan preweed.

tempat wisata agam panorama bukik sakura
Berkodak bersama

Saya dan teman-teman juga tak ketinggalan untuk mengabadikan foto di tempat wisata Agam ini. Mulai dari selfie, Wefie hingga foto ala-ala model. Meski hujan sekalipun hahahaa.

TIPS SAAT BERKUNJUNG

  • Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman, karena setelah Kamu berfoto-foto di sana pastinya akan merasakan lapar dan haus. Walaupun di sekitar lokasi sudah terdapat beberapa warung yang menjual makanan atau minuman.
  • Saat membawa anak-anak selalu perhatikan dan awasi, karena lokasinya yang berada di perbukitan. Sehingga sangat resiko apabila orang tua lalai tidak memperhatikan si buah hati.
  • Sebaiknya Kamu datang ke panorama Bukik Sakura di saat musim panas, karena saat musim penghujan untuk melewati jalan menuju lokasi cukup bikin deg-degan.
  • Saat datang dengan cuaca yang panas jangan lupa untuk membawa sunblock atau peralatan lainnya seperti kacamata, payung atau pakaian tertutup. Tapi karena saya sudah biasa jadinya ga perlu hahahaa.
  • Pastikan kendaraan teman-teman sudah diservis dan aman digunakan. Sebab penggunaan rem baik depan ataupun belakang bakal sering. Kemarin saya menggunakan motor matic, sampai hilang kemampuan rem depan karena panas.
tempat wisata agam panorama bukik sakura
Sejuk dan indahnya pemandangan

So mudah-mudahan ada kesempatan mengulang dan kembali ke tempat wisata Agam ini. Karena memang jujur, panorama Bukik Sakura memberikan kenyaman tersendiri karena dukungan pemandangan, keindahan, dan kesejukannya.

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *