Panduan Liburan ke Phuket, dan Tips Versi Escapeswithandrew.Com

Setelah artikel tentang jalan-jalan sudah selesai, selanjutnya saya membuat panduan liburan ke Phuket. Panduan ini sendiri saya buat untuk teman-teman yang membutuhkan informasi untuk mengunjungi ke destinasi ini. Ada berbagai destinasi pilihan yang bisa teman-teman kunjungi, apalagi jalan-jalan kesana sungguh menarik dengan hiburan sekitar Patong, pantai dan dunia bawah lautnya yang indah sesuai yang pernah saya coba.

Bagian 1 : Momen Singkat Liburan Ke Phuket

Bagian 2 : Momen Singkat Liburan Ke Phuket

Mungkin ada banyak lokasi atau destinasi yang tidak sempat saya kunjungi saat jalan-jalan saat itu. Tetapi setidaknya dengan adanya pilihan daftar ini bisa sedikit membantu teman-teman dalam menyiapkan perjalanan. Agar ketika mengunjungi destinasi-destinasi ini nanti tidak bingung dan salah alamat. Semoga dengan adanya daftar panduan yang sudah saya buat ini bisa teman-teman gunakan.

Panduan Liburan ke Phuket Versi Escapeswithandrew.Com

Berikut daftar yang sudah saya susun sesuai dengan pengalaman saya selama di kota tersebut.

1. Gunakan Tiket Promo

panduan liburan ke phuket
Cari tiket promo

Iya siapkan tiket promomu. Sebagai contoh saya yang berada di Pekanbaru untuk menuju destinasi ini harus membeli tiket ke Kuala Lumpur untuk transit dan tiket terusan ke kutanya Thailand ini. Karena maskapai yang saya gunakan Air Asia tentunya sering ada promo jauh – jauh hari. Promo tersebut biasa memiliki syarat berangkat dengan waktu tertentu. Bagi saya tidak masalah, sebab harga yang ditawarkan cukup murah, misalnya untuk Pekanbaru – Kuala Lumpur saja bisa di dapat hanya dengan IDR 150K. Sedangkan jangka waktu keberangkatan bisa membantu saya untuk menabung sebelum berangkat.

2. Booking Online Akomodasi

Panduan Liburan ke Phuket
Booking secara online

FYI, jika kita ingin berkunjung ke suatu tempat tentunya harus mengetahui pusat keramaiannya. Banyak orang yang beranggapan jika pusat keramaian Phuket berada di daerah Patong Beach. Nah tentunya jika kita ingin efisien dan tepat sasaran ada baiknya kita memesan penginapan yang berada di sekitar Patong. Memesan dengan cepat dan maksimal tentunya bisa melalui booking secara online. Ini untuk menghindari kesulitan mencari tempat menginap saat ketika berada di Patong.

Ada banyak pilihan hotel atau hostel murah di kawasan ini plus dengan fasilitas yang lumayan. Pengalaman saya bisa dapat harga murah hotel Patong Budget Room melalui situs Online Travel Agent (OTA) Indonesia dengan harga 150 ribuan. Apalagi jika kita berdua, tentunya kamar tersebut bisa hemat karena biayanya juga di bagi 2. Jangan lupa juga untuk melihat review, photo penginapan dan hal-hal penting lainnya.

3. Transportasi dari Bandara ke Penginapan juga Sebaliknya

Panduan Liburan ke Phuket
menggunakan mini van

Pilihan transportasi dari Phuket International Airport menuju Patong Beach atau tempat lainnya pastinya ada banyak. Sedangkan saya lebih memilih menggunakan jasa Mini van mas Warsono yang pernah saya sharing sebelumnya. Untuk menuju penginapan saya di Patong, saya harus merogoh kocek 750 bath. Pilihan transportasi lain bisa menggunakan Airport Bus dengan biaya lebih kurang 30-40 bath (sampai shuttle). Bisa juga menggunakan mobil van dari airport yang jauh lebih mahal dari van saya sekitar 800 bath itupun shuttle.

Jika kamu ada uang lebih bisa juga menggunakan taxi sekitar 1200 bath untuk sampai penginapan. Kalau taxi meter berkisar 800 bath untuk sampai penginapan. Ada juga dengan menggunakan mini bus dengan harga lebih murah, hanya 100 Baht per orang tetapi perjalanan hanya sampai Phuket Town. Pilihan ada di teman-teman, kalau saya kemarin karena efisiensi waktu.

4. Ambil SIM Card Gratis

Panduan Liburan ke Phuket
Sim card lokal

Selanjutnya adalah memilih data internet yang pas. Apalagi hal ini merupakan hal yang sangat kita butuhkan saat berliburan. Nah pada saat tiba di bandara, teman-teman jangan sampai kelewatan counter desk yang menyediakan sim card gratis. Meja ini berada setelah melewati imigrasi menuju jalan keluar terminal kedatangan.

Sim card gratisnya dengan nama provider TRUE Move. Dari informasi yang saya dapat, provider ini ibaratnya Telkomselnya Indonesia. Sebab sinyal yang dimiliki oke dan banyak keuntungan yang di tawarin. Satu yang penting harganya yang relatif lebih murah. Untuk mengisi paket data bisa dengan membeli langsung di Seven Eleven dengan variasi paket data dan lebih murah jika dibandingkan membeli di bandara. Harga selama 3 hari hanya 150 bath, untuk 1 minggu 300 bath plus 100 call. Uniknya semua kuota datanya unlimited (katanya). Namun karena saya cuma 3 hari saya ambil pilihan 3 hari pula. dan sharing berdua dengan teman alias thetering aja.

5. Pilihan Makanan Halal

panduan liburan ke phuket
Menikmati Tom Yum

Setiap pergi ke suatu daerah yang berbeda dari tempat asal tentunya mencari makanan yang halal adalah suatu keharusan. Di kawasan Bangla Road sendiri tak banyak lokasi tempat makan yang halal, kecuali jika teman-teman mencari di Mal. Itupun pilihannya hanya makanan cepat saji seperti KFC, Burger King (saya ragu) dll. Nah kalau saya lebih senang menggunakan aplikasi semisal Trip Advisor yang memiliki fitur pencarian tempat makanan halal dan review nya. Saya sarankan mencari tempat makan bertema timur tengah semisal Pakistan, Bangladesh dan lainnya. Oh iya ada juga tempat makan yang memiliki logo halal.

6. Berbagai Macam Pilihan Destinasi Wisata

panduan liburan ke phuket
Big Budha salah satu destinasi menarik

Iya ada banyak macam pilihan destinasi yang bisa teman-teman kunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, laut, pulau hingga ke wisata sejarah. Yang pasti teman-teman harus bisa memberikan waktu lebih alias liburan lebih lama selama di Phuket. Menyebrang pulau seperti Tur Phi Phi island, James Bond Island dan ke pulau-pulau lainnya tentu sangat menarik. Paling penting adalah melihat harga turnya, selagi masuk akal dan sesuai informasi yang kamu dapatkan, gas aja. Saya sendiri menggunakan jasa mas Warsono untuk paket one day day tour Phi-Phi dengan biaya 1100 bath saat itu. Biasanya jika menggunakan speed boat harga yang dipatok berkisar 1100 hingga 1400 bath. Kalau lebih murah bisa menggunakan kapal yang lebih besar lagi, dengan biaya sekitar 800 – 900 bath namun memiliki kekurangan semisal jumlah pulau yang didatanginya lebih sedikit dibanding menggunakan speed boat.

7. Gratis Bersantai di Patong Beach

Panduan Liburan ke Phuket
menikmati malam di patong beach

Iya, ga selamanya kamu bersantai itu berbayar. Dari pada bingung mending duduk sejenak sambil ngalor ngidul di pantai Patong. Kalau siang panas, kamu bisa datang pada malam hari. Dan pastinya bukan kamu saja yang bersantai di sana. Oh iya, jika kamu datang pada siang hari dan membutuhkan tenda atau payung untuk berjemur ada loh jasanya, harganya sekitar 200 bath.

8. Transportasi Lokal

Panduan Liburan ke Phuket
menggunakan tuk tuk

Panduan liburan ke Phuket selanjutnya adalah transportasi lokal. Saat teman-teman datang hanya berdua atau berempat pilihan menarik adalah dengan menyewa sepeda motor. Harga yang dipatok berkisar 250 bath dengan pilihan motor matic. Selain itu untuk mengisi BBM pun tak sulit, kita bisa isi sendiri dan tinggal cari melalui Google Maps. Jika ingin mencoba menggunakan transportasi lain bisa memakai tuk – tuk (kaya oplet/ mikrolet lokal cuma isinya bisa 3 – 4 orang). Sedangkan biaya yang dipatok tergantung kemana arah tujuan kita. Jauh dekat belum tentu harga yang sama, jangan lupa pandai – pandai untuk menawar. Pilihan lainnya taxi yang tentu saja juga lebih mahal.

9. Beli oleh-oleh

Panduan Liburan ke Phuket
membeli oleh-oleh

Ada yang unik di destinasi ini. Rata-rata penjual barang oleh-oleh mengatakan jika wisatawan dari Indonesia atau Filipina adalah orang pelit. Sebab ketika membeli oleh-oleh wisatawan Indonesia menawarkan harga tak masuk akal, alias sadis. Jadi rata-rata di tandai oleh para penjual disana. Ya kalau bisa belilah dengan harga masuk akal, ga masalah bandingkan dengan produk kita di Indonesia.

10. Hati-hati di Bangla Road

Loh kok hati-hati sih ? emang di Bangla Road ada apa. Lokasi ini bukan untuk semua orang. Please hindari Bangla Road jika teman-teman membawa anak-anak atau ada saudari yang menggunakan jilbab. Lokasi ini banyak memiliki hiburan malam dan rata-rata toko atau cafenya ada atraksi diatas 17 tahun. Jika untuk jomblo seperti saya tentu tidak masalah, apalagi untuk cuci mata aja. Selain itu di lokasi ini juga banyak ladyboy yang berusaha memikat para traveler dengan foto bersama. Tapi harus waspada, sebab foto dengan mereka tak gratis.

Well, itulah beberapa daftar pilihan yang sudah saya susun untuk memudahkan teman-teman yang berkunjung ke destinasi ini. Panduan liburan ke Phuket ini mungkin tak sempurna, karena ini hanya berdasarkan dengan pengalaman saya saat di sana. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *