Panduan Liburan Ke Langkawi, Tips dan Informasi Penting

Panduan Liburan ke Langkawi tentunya bisa sangat berguna jika kamu berkesempatan liburan ke pulau cantik ini. Belum lagi kesempatan untuk berbelanja cokelat murah dan barang-barang lainnya di Langkawi karena dalam pulau ini bebas cukai. Pastinya tak ketinggalan destinasi-destinasi wisata terkenalnya, sebut saja jembatan di atas awan Sky Bridge, juga berbagai wisata dan atraksi bahari yang merupakan keunggulan pulau ini.

Nah, jika teman – teman traveler ingin berliburan ke Langkawi, saya ingin sharing seputar pulau ini, seperti yang sudah saya ceritakan sebelunya saat liburan ke Langkawi. Jadi saya akan membantu teman – teman lewat daftar panduan, informasi dan tips selama berliburan di sana. Yok ikuti berikut beberapa daftarnya :

 

Panduan Liburan Ke Langkawi

1. Jangan Lupa Siapkan Tiket

Panduan Liburan Ke Langkawi
Menggunakan maskapai Air Asia

Ada banyak cara untuk bisa sampai di pulau ini, baik melalui jalur darat, laut atau udara. Jika kamu ingin menggunakan pesawat terbang sebagai sarana transportasi, ada baiknya pesan jauh – jauh hari. Saya sendiri biasanya menggunakan maskapai milik AirAsia. Maskapai milik Malaysia ini sering memberikan penawaran promo untuk keberangkatan waktu tertentu. Pada saat itu pula kita bisa gas dan berburu tiket murah ke berbagai destinasi.

Jika dari Pekanbaru, menuju Langkawi saya harus transit terlebih dahulu bandara KLIA 2 Sepang Malaysia. Saya ngga tau bagaimana dengan kota lain, apakah ada pesawat langsung. Dari Pekanbaru rata – rata harga tiket murah yang biasa di patok dari KLIA 2 menuju Langkawi International Airport sekitar Rp. 125 ribu sekali jalan. Tapi jika peak season harga yang dipatok bisa lebih diatas itu. Kalau sudah begitu, ada baiknya mencari jalur lain yang lebih hemat. Paling penting untuk menyiapkan paspor terlebih dahulu ya baru kemudian membaca panduan liburan ke Langkawi ini.

Apabila kamu ingin melalui rute transportasi jalur laut bisa menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Perlis (Jeti Perlis). Tetapi apabila teman-teman dari Kuala Lumpur caranya dengan naik bus untuk menuju Kuala Perlis. Keberangkatan bisa melalui terminal Pudu KL ataupun Terminal Bersepadu Selatan, menuju terminal bus Kuala Perlis.

Biasanya waktu rata-rata yang dibutuhkan dari KL ke Kuala Perlis lebih kurang 6 jam. Sedangkan biaya yang dipatok rata – rata mulai dari RM 47 hingga RM 50 untuk orang dewasa.

Jika sudah sampai di pelabuhan lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal ferry ke Langkawi. Lama perjalanan biasanya hanya 1,5 jam saja, dengan waktu awal keberangkatan mulai pukul 07.30 pagi hingga 19.00 malam. Untuk biaya penyebrangandewasa sekitar RM 18 dan anak – anak sekitar RM 13.

 

2. Pesan hotel ataupun hostel melalui OTA

Cara hematnya adalah dengan memesan penginapan melalui online travel agent (OTA). Teman-teman bisa mendapatkan harga lebih murah dan terkadang sering banyak promo atau potongan harga. Bisa OTA seperti agoda ataupun situs OTA lokal. Jika dibandingkan dengan Singapura, di Langkawi penginapan lumayan murah. Rata – rata untuk jenis hotel melati ke atas dimulai dari rate 150 ribu Rupiah ke atas.

Jika ingin penginapan yang sepi dan terhindar dari hiruk pikuk keramaian, bisa menginap di daerah Kota Kuah (Pusat Kota). Tetapi sebaliknya jika teman-teman ingin keramaian, party banyak bule dan menikmati keindahan laut Langkawi bisa menginap di daerah pantai Cenang (Pantai Kutanya Langkawi), tetapi tentu saja harga penginapan di daerah ini sedikit lebih mahal. Sewa hotel murah ke Langkawi sekarang !

 

3. Transportasi Selama di Langkawi

Karena Langkawi merupakan pulau besar, kamu tak perlu khawatir untuk masalah transportasi. Kita bisa menyewa atau menggunakan Taxi, mobil – mobil van dan berbagai mobil yang di sewakan. Atau bisa ikuti seperti saya dengan rental motor dengan harga terjangkau. Lalu dimana mencarinya ? Jika teman-teman keluar dari bandara Langkawi ataupun pelabuhan, ada banyak tempat penyewaan mobil ataupun motor. Harga sewa untuk motor biasanya sekitar RM 35 ke atas tergantung jenis motornya. Sedangkan untuk harga sewa mobil sekitar RM 80 ke atas. Pastinya tidak diperlukan SIM International, cukup sim biasa dan paspor yang dicatat oleh yang memiliki kendaraan sewa.

 

4. Mencari Makan

makanan halal - panduan liburan ke langkawi
ada banyak makanan halal

Karena Langkawi merupakan bagian dari negara serumpun, tentunya mencari makanan halal tak sesusah mencari makan saat liburan ke Phuket ataupun saat liburan ke Singapore. Ada berbagai macam pilihan makanan mulai dari masakan melayu, india, Pakistan, arab ataupun tempat – tempat makanan instan lainnya. Kalau bingung bisa menggunakan aplikasi semisal Tripadvisor lalu membaca review dan suggestion tempat makan disekitar kamu yang enak dan halal.

5. Destinasi Wisata

dataran lang - panduan liburan ke langkawi
Dataran Lang

Jika berbicara destinasi wisata favorit di kawasan ini tentunya ada berbagai macam bentuk. Tergantung destinasi bagaimana yang ingin teman-teman kunjungi. Apakah teman-teman hanya ingin menikmati destinasi wisata bahari ataupun wisata – wisata alamnya. Salah satu paling favorit adalah Langkawi Eagle Square (Dataran Lang) yang merupakan sebuah destinasi wisata dengan patung elang raksasanya. Letaknya juga tak jauh dari pelabuhan Kuah.

Destinasi hits lainnya adalah dengan mencoba jembatan di atas awan Langkawi Sky Bridge yang terletak di kaki Gunung Mat Cinchang. Dengan ketinggian sekitar 700 Mdpl kita bisa melihat keindahan dari laut Langkawi. Sebelum sampai di jembatan tersebut, kita bisa menikmati gondola yang memiliki rute naik ke puncak kaki gunung.

Tak puas kamu juga bisa menikmati water sport di Pantai Cenang yang mirip Kuta Bali, juga bisa menikmati bawah danau Dayang Bunting serta memberi makan elang secara langsung di pulau Singa Besar.

 

6. Pantai Cenang lebih ramai dari pada pusat kota Kuah

pantai cenang - panduan liburan ke langkawi
Berburu sunset

Tipe traveler biasanya ada 2, ada yang suka keramaian ada juga butuh tempat yang sepi. Nah jIka kamu termasuk traveler yang suka keramaian ada baiknya kamu menikmati suasana yang ada di Pantai Cenang. Destinasi pantai ini sering dijuluki sebagai Kutanya Langkawi. Ada banyak kafe – kafe atau restoran berjejer di sepanjang jalanan sekitar pantai ini. Terdapat pula berbagai macam penyewaan water sport dan atraksi lainnya selama di pantai. Bagaimana dengan penginapan ? Ada banyak hotel – hotel kelas atas dan mahal di sekitar kawasan pantai.

Sebaliknya jika teman-teman ingin suasana yang tidak terlalu ramai, ada baiknya kamu menginap dan main-main di pusat Kota Kuah. Di pusat kota kamu juga lebih dekat dengan pelabuhan Kuah dan tempat – tempat berbelanja murah bebas cukai. Pilihan makanan juga banyak, sehingga kamu tak perlu khawatir.

 

7. Berbelanja murah

Langkawi juga terkenal dengan pulau bebas cukainya. Sehingga membuat harga barang ataupun cokleat yang ditawarkan jauh lebih murah dari pada kita berbelanja di Kuala Lumpur atau daerah lainnya di Malaysia. Kamu bisa berburu dan berbelanja cokelat impor yang murah, tas branded, parfum impor, peralatan dapur, pakaian hingga bagasi. Harga yang dipatok tentu saja lebih murah.

Toko – toko atau outlet yang terkenal murah antara lain Coco Valley, Perniagaan Haji Ismail Group, The Zon Shopping Paradise, Saga Shopping Centre, ataupun Teow Soon Huat Duty-Free Shopping. Salah satu oleh-oleh unik adalah minyak gamat. Beli ya !

Mudah-mudahan ulasan dan ringkasan dari daftar panduan liburan ke Langkawi diatas bisa membantu teman – teman traveler saat berkunjung ke Langkawi. Kalau ada yang mau ditanya – tanya atau mau menambahkan informasi, silakan di kolom komentar yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *