Pandemi Buat Bosan? Ini 8 Tips Liburan Staycation Seru di Rumah

Pandemi virus yang mengguncang dunia hingga kini belum juga usai. Banyak negara-negara yang masih kesulitan mengendalikan penyebaran penyakit ini, tak terkecuali di tanah air.

Untuk mengurangi penyebaran dan bertambahnya korban, pemerintah melakukan kebijakan untuk melakukan pembatasan termasuk untuk pariwisata. Sehingga banyak atau warga yang tidak bisa menikmati waktu liburan dengan semestinya dan harus selalu di rumah.

Biar tak bosan di rumah, kamu perlu menyiasatinya dengan berbagai kegiatan positif yang mana bisa membuat kamu bahagia semisal melakukan staycation. Bukan di hotel kok… tapi ini bisa dilakukan di rumah saja yang dilengkapi dengan tips liburan staycation yang asyik di era pandemi ini

Untuk kamu yang sedang mencari trik berliburan yang asyik di era pandemi ini, maka berikut ini adalah beberapa ide yang bisa kamu ikuti untuk membuat holiday kamu jadi makin asyik dan seru. Beberapa contoh ini bisa dicoba agar kamu dan keluarga bisa bahagia bersama.

Kebahagiaan bukan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Kebahagiaan adalah melakukan hal-hal yang bermakna

Maxime Lagacé

Tips Liburan Staycation di Rumah

1.   Kemping

tips liburan staycation
Buat si kecil bahagia boleh juga/ pexels.com

Salah satu kegiatan liburan staycation yang cocok untuk mengisi waktu liburan kamu di tengah pandemi ini adalah dengan melakukan kemping atau berkemah. Tidak perlu jauh-jauh, jika kamu punya kebun di belakang atau di depan rumah kamu bisa melakukan kemping di sana. Jika pun kamu tidak punya tanah lapang di depan atau di belakang rumah kamu bisa mencoba kegiatan kemping di dalam rumah.

Kegiatan kemping di dalam rumah ini memang terkesan kurang menarik, tapi jika kamu punya adik atau saudara yang masih kecil dan sepantaran melakukan kegiatan kamping ini bisa membantu kamu menjadi lebih dekat dengan keluarga kamu.

Kamu bisa lakukan beberapa kegiatan kamping seperti masak mie dan makan bersama atau melakukan kegiatan BBQ di dalam rumah kamu untuk menghadirkan nuansa kamping yang lebih asyik. Kamu cukup sediakan tenda dan kamu bisa menyulap ruang tamu kamu jadi area kamping yang menarik. Kamu bisa pasang lampu-lampu kecil yang akan membuat nuansa kemping makin terasa.

2.   Movie Night

tips liburan staycation
Nonton film horor siapa takut ! kan ramean/ pexels.com

Jika kamu tidak punya peralatan kemping, maka salah satu kegiatan liburan staycation yang bisa kamu lakukan adalah menonton film bersama dengan keluarga. Jjika kamu dan keluarga punya film favorit atau ingin menonton film horor bersama, maka kamu bisa menonton film ini bersama.

Untuk membuat movie night kamu makin asyik, kamu bisa beli soda dan juga sediakan makanan ringan untuk camilan agar kegiatan movie night ini terasa makin seru. Oh ya, kamu juga bisa membuat hidangan yang lebih premium seperti membuat sosis goreng, menyediakan kentang goreng dan camilan lain agar kamu bisa merasa sedang ada di bioskop upgrade. Jangan lupa matikan lampu agar suasana mencekam.

3.   Extravagant Dinner

tips liburan staycation
Makan mewah besar menarik juga/ pexels.com

Cara lain sebagai salah satu tips liburan staycation agar liburan kamu jadi makin asyik adalah dengan mencoba membuat hidangan makan malam yang besar dan mewah. Kamu pasti sering menonton film atau serial dimana keluarga makan malam bersama untuk merayakan sesuatu bukan? contohnya Thanksgiving atau acara natal. Di sini mereka akan memasak makanan khas keluarga dalam skala yang besar sehingga suasana menjadi meriah.

Kamu juga bisa lho! kamu bisa buat janji bersama dengan keluarga kamu dan siapkan hidangan yang seru untuk keluarga kamu. Kamu dan keluarga bisa gunakan kostum mewah dan unik untuk membuat suasana makan malam bisa jadi suasana makan malam di restaurant mewah. Oh ya, pastikan kamu bisa masak dan keluarga kamu menyukai masakan kamu ya!

4.   Family games

tips liburan staycation
Trunamen sederhana bisa buat keluarga lebih dekat/ pexels.com

Untuk kamu yang ingin liburan staycation dengan keluarga, kamu bisa mencoba beberapa game untuk dimainkan bersama dengan keluarga kamu. Contohnya misal kamu memiliki keluarga yang cukup besar, kamu bisa coba buat turnamen game yang bisa dimainkan bersama. Tidak perlu game yang sulit, contohnya kamu bisa membuat game memasukkan pensil ke botol atau sekedar game makan kerupuk.

Game yang simple ataupun sederhana tapi menegangkan akan sangat dibutuhkan untuk membuat suasana menjadi lebih asyik dan menarik. Oh ya, jangan lupa untuk mempersiapkan hadiah-hadiah yang menarik jika kamu ingin setiap keluarga berpartisipasi untuk membuat kegiatan liburan menjadi makin menarik dan makin seru ya!

5.   Buat proyek DIY dan renovasi

tips liburan staycation
hitung hitung menambah skill di dalam keluarga

Selain membuat kegiatan-kegiatan yang seru, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan staycation kamu adalah dengan membuat proyek DIY. Jika kamu ingin membuat ruangan kamar kamu atau ruangan di rumah kamu lebih baik, kamu bisa buat proyek DIY untuk membuat keluarga kamu sibuk. Kamu bisa memberikan pekerjaan untuk tiap anggota keluarga dalam membantu melakukan renovasi ruangan tersebut.

6.   Menyusun puzzle besar

tips liburan staycation
Bisa bikin mumet dan kesal tapi seru/ pexels.com

Jika kamu punya keluarga yang cukup besar, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan staycation kamu adalah menyelesaikan puzzle yang besar. menyelesaikan puzzle bisa membantu merelaksasi pikiran Kamu. selain itu menyusun puzzle juga bisa digunakan untuk segala umur. Hal inilah yang membuat kegiatan menyusun puzzle ini bisa menjadi salah satu tips liburan staycation yang asyik untuk keluarga Kamu.

7.   Bawa destinasi liburan ke rumah kamu

tips liburan staycation
Menikmati rendang biar ingat liburan di kampung/ shutterstock

Nah tips lain yang membuat liburan staycation kamu menjadi lebih asyik adalah dengan membawa destinasi liburan ke rumah kamu. untuk kamu yang ingin liburan ke tempat tapi terbatas karena pandemi, maka kamu bisa mencoba membawa destinasi liburan kamu ini ke rumah kamu.

Contohnya bisa menghias ruangan dengan suasana dari tempat liburan tersebut, memasak atau membeli makanan yang khas dari daerah tersebut dan minum-minuman dari daerah tersebut, memainkan musik yang sesuai dengan tempat liburan yang kamu inginkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau saya sendiri biasanya mencoba menemukan sebuah video perjalan menuju kampung halaman di Youtube. Lalu putar seakan-akan saya yang sedang berangkat.

8.   BBQ party

Kadang bakar bakar gini seru juga/ pexels.com

Nah Tips Liburan Staycation yang terakhir adalah melakukan pesta BBQ. Pesta BBQ adalah salah satu kegiatan yang sangat menarik dan bisa membantu kamu untuk mendapatkan pengalaman staycation yang tidak cuma hanya berkesan tapi juga asyik dan menyenangkan.

Untuk BBQ ini bisa saja kamu membuatnya dari bahan-bahan yang mudah di dapat semisal Ayam, jagung atau bahan-bahan yang bisa digunakan untuk BBQ.

Nah itulah beberapa tips liburan staycation selama pandemi ini. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa meraih kebahagiaan bersama keluarga meski dibatasi dengan pandemi. Oh iya jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan ya, agar semuanya berjalan dengan baik. Jika punya tips lain, mongo share di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *