Lihat Bukittinggi Dari Ketinggian di Sajuta Janjang Singgalang

Mungkin tak banyak pelancong yang tau jika ada tempat wisata yang bernama Sajuta Janjang Singgalang yang menjadi tempat wisata di kota Bukitinggi dan sekitar Kab. Agam. Tempat di mana kita bisa melihat Kota Bukittinggi dari kejauhan dan dari ketinggian.

Tempat wisata yang masuk dalam kawasan Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat ini memiliki wisata alam yang sangat indah dan mempesona. Berada di daerah Kanagarian Pakan Sinayan yang dilengkapi dengan perbukitan yang diselimuti pepohonan hijau dan kabut yang siap menyambut para wisatawan. Pengunjung bisa merasakan bagaimana suasana sejuk dan tenang ketika berada di tempat ini. Oh iya sesuai namanya, letaknya berada di kaki gunung Singgalang.

Saya berkesempatan ke destinasi wisata ini bersama 3 orang teman yang mana pada sebelumnya juga menelusuri tempat wisata Agam Bukik Sakura.

Perjalanan

gerbang masuk sajuta janjang singgalang
Gerbang masuk

Destinasi wisata Sajuta Janjang Singgalang sendiri mempunyai panjang 3,7 KM dengan awal rutenya dari pinggir jalan provinsi, Padang Luar – Lubuk busung. Jalanan masih aspal namun tanjakannya tajam dan ekstrem sehingga ketika membawa roda empat harus ekstra hati-hati, apalagi jika ada lawan. Saya tak begitu tau pasti berapa jarak jika dihitung dari lokasi parkir/ gerbang masuk hingga sampai puncak ke hutan pinus di kaki gunung Singgalang. Namun pastinya selama perjalanan dari awal hinga sampai puncak cukup menarik dan elok.

Pada awal saya ke destinasi yang juga dikenal dengan Sajuta Janjang Lereng Singgalang ini, jalan yang dilalui hanya jalan setapak dan belum ada jalan dengan tangga seperti saat ini. Sehingga perjalanan sewaktu itu lebih cepat dan mudah. Saat saya datang untuk kedua kalinya barulah kondisinya sudah berubah. Tempat parkir yang semula lebih ke dalam kini agak jauh di luar.

Untuk bisa sampai ke puncak sajuta janjang singgalang ini, kita harus melalui dan menaiki ratusan ribu anak janjang (tangga) supaya bisa sampai ke puncak. Perjalanan dimulai dari pintu gerbang dan lalu dilanjutkan dengan jembatan pelangi. Di jembatan ini kita bisa foto-foto selfie ataupun ala-ala model seperti biasa, karena memang spot ini instagramable.

jembatan pelangi sajuta janjang singgalang
Melewati jembatan dengan warna pelangi

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan rute yang masih sedikit aman, dimana jalurnya masih menanjak dan menurun. Pemandangan sekitar terlihat beberapa kebun warga lokal dan membuat mata sedikit rileks. Jalur selanjutnya cukup lumayan, gabungan antara jalanan lurus hingga pendakian atau tanjakan yang bikin haus.

mengunjungi sajuta janjang singgalang
jangan lupa istirahat

Dan pantas saja banyak orang yang menjadikan lokasi ini juga sebagai tempat berolah raga. Bagi orang gendut seperti saya, ini menjadikan tantangan tersendiri ketika menanjak plus nafas yang ngos-ngosan hahahaha. Tapi tenang… sambil berjalan kita bisa melihat suguhan panorama alam Kota Bukittinggi dari atas dan kejauhan, pemandangan indahnya Gunung Marapi dan kawasan Kabupaten Agam wilayah Timur yang memanjakan siapapun. Jika capek pun kita bisa terhibur dengan adanya beberapa banner-banner kecil atau meme yang nyindir para pengunjung.

sajuta janjang singgalan
Dengan latar Gunung Marapi

Hampir mirip dengan Tembok Besar Tiongkok, ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat berhenti dan berlindung sejenak. Sambil menarik nafas panjang lalu terus berjalan sampai ke puncak lereng Singgalang. Jika sudah terlihat hutan pinus, berarti destinasi yang kita tuju sudah dekat.

pemandangan janjang sajuta singgalang awal
Pada saat pertama datang

Jika kita sudah sampai di puncak Sajuta Janjang Singgalang, rasa capek dan lelah dalam perjalanan yang kita lalui akan terbayar lunas oleh pemandangan yang ada. Di ketinggian ± 1400 Mdpl kita bisa bersantai sambil menikmati angin sepoy-sepoy plus tampilan layar yang ditangkap mata.

sajuta janjang singgalang
Saat kedua datang sudah ada gazebo

Tak perlu khawatir jika haus, karena ada beberapa warung atau kedai warga setempat. Kita bisa berbelanja dengan harga yang menurut saya masih wajar. Saya juga menikmati makanan lokal yaitu kerupuk kuah plus ditaburi mie, ada bihun ataupun mie goreng.

sajuta janjang singgalang
Indahnya pemandangan dari atas

Lingkaran luas pada titik tengah puncak ini menjadi tempat paling hits untuk berfoto, tak terkecuali saya dan teman-teman. Tapi memang jika pengunjung sedang ramai membuat aktifitas foto ini mengalami antrian hahahaha.

janjang sajuta singgalang
Swafoto wajib

Ada beberapa spot foto yang memanjakan para fotografer cak icak seperti saya, atau untuk profesional sekalipun. Ada pula taman dengan beberapa spot foto di sisi lainnya, namun untuk masuk dikenakan biaya lagi.

@scotyand

Sajuta Janjang Singgalang ##voiceeffects ##BebaskanlangkahBerani ##SemuaBisaEnak ##RacunShopee ##minang ##bukittinggi ##singgalang

♬ original sound – Andrew Pradana

Oh iya dulu destinasi ini juga pernah menjadi sebagai tempat take off paralayang, dan rencananya pemerintah setempat akan menambah lokasi baru untuk mendukung olahraga tersebut.

bergaya di sajuta janjang singgalang
Gaya itu wajib

Lalu apa benar setelah melewati tadi total janjangnya (anak tangga) sajuta/ sejuta ? Ntahlah saya ga pernah pula mikirinnya, sebab ada alasan pemerintah daerah atau penduduk lokal memberikan nama tersebut. Pastinya saya sebagai pengunjung yang datang hanya bisa menikmatinya hahahaa.

Lokasi

Sejuta Janjang Singgalang berada di Pakan Sinayan, Banuhampu, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Walaupun objek wisata ini masih tergolong dalam tahap pengembangan dan belum selesai pengerjaannya, akan tetapi sudah banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan keindahan Sajuta Janjang Singgalang.

Jika dari pusat kota Agam, wisata Janjang sekitar 42 km. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Jika dari Jam Gadang, Bukittinggi jaraknya lebih dekat lagi, hanya sekitar 9,6 km saja atau 30 menit saja. Supaya tetap bisa melihat keindahan dari panorama yang ada di perjalanan, maka disarankan bagi Kamu untuk datang ke objek wisata ini di pagi atau siang hari. Cuaca di bawah atau puncak lereng Singgalang ini sering berbeda. Kadang di bawah terang, pas di atas malah hujan. Selain itu wisata ini juga hanya dibuka sampai pukul 5 sore. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Sajuta Janjang Singgalang

Untuk bisa berlibur dan mengunjungi destinasi ini Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena untuk masuk ke wisata ini Kamu nya cukup membayar Rp. 5000 per orang.

Selain itu pihak dari pemerintah setempat juga melakukan promosi supaya objek wisata ini lebih banyak di kenal oleh masyarakat luar. Meskipun biaya tiket masuk murah, namun Kamu tetap dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor Rp3.000 dan biaya parkir mobil Rp5.000.

Daya Tarik

Pemandangan di Lereng Gunung

Sebagai kawasan wisata yang menghasilkan pemandangan alam yang ada di lereng gunung Singgalang, Sajuta Janjang Singgalang mempunyai daya tarik bagi para wisatawannya, yaitu berupa ikonnya yang sangat mempesona. Kita bisa melihat bagaimana Ngarai Sianok dari kejauhan, kawasan Kabupaten Agam Timur dan juga indahnya gunung Marapi. Selain itu bisa melihat kota Bukittinggi dari puncak lereng.

Tracking untuk Menguji Adrenalin

Para pengunjung bisa melakukan tracking untuk menguji adrenalin Karena pada saat perjalanan pengunjung bisa menaiki ratusan anak tangga. Melalui tangga itulah kita bisa mencapai puncak. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan panorama dan bisa menyaksikan kabupaten Agam yang memang sangat elok. Banyak orang juga menggunakan jalur ini sebagai sarana untuk berolahraga. Sehingga tak heran pengunjungnya juga lumayan.

Panorama Keindahan Alam

Bagi seorang pecinta alam pastinya tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Sajuta Janjang Singgalang, karena lokasinya yang memang menarik dan mengagumkan. Bagi siapapun yang berada di lokasi pastinya ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Ditambah lagi dengan panorama di kawasan wisata yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai spot foto.

Bersantai di Puncak

Pada saat pengunjung berada di puncak maka bisa bersantai sambil menikmati pemandangan dan bisa mencicipi berbagai jenis makanan yang ada di sekitar Puncak Sajuta Janjang. Saya kemarin menikmati cappucino hangan plus kerupuk kuah khas penduduk lokal. Oh iya udara sekitar yang sangat sejuk dan dingin juga membuat para wisatawannya bisa menarik nafas lega karena belum terpapar polusi udara.

Pohon Pinus yang Rindang

Pepohonan pinus yang sangat menyejukkan suasana pepohonan mampu memberikan kesejukan udara. Terlebih lagi bagi para pengunjung yang baru saja menyelesaikan perjalanan menaiki anak tangga. Para wisatawan bisa menyaksikan keindahan gunung Marapi, sehingga membuat para wisatawan merasa betah ketika berada di objek wisata ini

Jika saya lihat secara langsung saat itu, pepohonan pinus ini juga menjadi background favorit remaja-remaja yang sedang membuat video TikTok.

Fasilitas

sajuta janjang lereng singgalang
Ayo ke Agam

Fasilitas utama yang dimiliki oleh Sajuta Janjang Singgalang yaitu berupa setapak bertangga, jembatan pelangi, gazebo dan taman yang juga sebagai lokasi berswa foto. Selain itu juga terdapat fasilitas berupa pos jaga, MCK, mushola, warung/kedai dan pastinya toilet. Tak kalah dengan tempat wisata Bukittinggi lainnya.

Tips Saat Berkunjung

  • Sebaiknya datang di saat cuaca cerah agar bisa menyaksikan keindahan lereng gunung Marapi ataupun pemandangan kota Bukittingi serta terhindar dari awan gelap.
  • Pada saat ingin mengambil foto berhati-hatilah karena lokasinya yang sangat tinggi.
  • Tetap gunakan prokes ketat karena kita masih kondisi pandemi. Meskipun begitu jika ada riwayat sesak napas saya sarankan untuk tidak menggunakan masker dan tidak berusaha melewati destinasi ini.
  • Selalu bawa air minum biar hemat, karena jalur yang dilalui tanjakan yang menguras tenaga.
  • Tak perlu bawa cemilan karena sudah ada yang menjual di puncak. Ada berbagai snack Snack, mie instan, karupuak kuah, air minerak, pensi, dan minuman hangat semisal teh dan kopi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, karena destinasi ini dari kita untuk kita. Jangan membuat lingkungannya kotor dan jelek.
  • Saya sarankan untuk menggunakan sepatu, karena sendal rasanya kurang nyaman.
  • Jangan paksakan diri, jika rasanya tak mampu melewati jalur tanjakan, bisa mencoba menyewa ojek untuk bisa sampai ke atas.
  • Harap hati-hati jika menggunakan kendaraan roda 4 karena jalan pendakiannya cukup ekstrim.

So bagaimana ? apakah tertarik mengunjungi Sajuta Janjang Singgalang yang berada di Kabupaten Agam ini ? Pastinya teman-teman harus mencobanya ketika berlibur dan mengunjungi Bukittinggi ataupun Agam. Sehabis menyantap Itiak Lado Mudo Ngarai lalu berkunjung ke destinasi ini.

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *