Lompat ke konten

Cara Mendaftar MDAC Malaysia: Panduan Lengkap untuk Traveler

Cara mendaftar MDAC Malaysia akhir-akhir ini tentu menjadi bahan pembicaraan para traveler. Apalagi bagi teman-teman yang ingin menjelajahi keindahan dan kebudayaan Malaysia serta sudah merencanakannya jauh-jauh hari. Kini berkunjung ke tempat-tempat menarik seperti Genting Highland, belanja di Kuala Lumpur, makan enak di Penang, Malaka, Langkawi, dan lainnya, sebelum sampai ataupun berangkat, ada satu hal penting yang harus dipersiapkan yaitu MDAC.

MDAC sendiri merupakan singkatan dari Malaysia Digital Arrival Card, sebuah kartu kedatangan elektronik yang wajib dibuat oleh semua pengunjung asing yang datang ke negara jiran Malaysia, kecuali mereka yang transit di Singapura tanpa melewati imigrasi. Tujuan dibuatnya MDAC ini untuk mempercepat dan mempermudah proses imigrasi di bandara atau pelabuhan masuk Malaysia, serta untuk meningkatkan keamanan dan kesehatan publik. Menurut saya ini mirip-mirip seperti ketika kita mengisi SG Arrival Card (SGAC) di Singapore.

Lalu bagaimana cara mengisi MDAC Malaysia yang benar? Apa saja yang harus kita perhatikan sebagai seorang traveler yang mengunjungi Malaysia? Berikut adalah panduan lengkap yang akan menjawab semua pertanyaan teman-teman.

Bagaimana Cara Mendaftar MDAC Malaysia?

Untuk mendaftar MDAC, teman-teman harus mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Kunjungi Situs Web MDAC

Untuk mendaftar dan mengisi MDAC, kita harus mengunjungi laman web resmi Departemen Imigrasi Malaysia. Kita bisa menggunakan perangkat apa saja, bisa mengaksesnya melalui komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Tentunya juga pastikan Kita memiliki koneksi internet yang stabil dan browser yang terbaru.

Baca Juga :  Traveling ke Ranah Minang, Gunain Bahasa Minang Praktis Ini

Dari yang saya lihat, laman web MDAC https://imigresen-online.imi.gov.my/mdac/main tersedia dalam bahasa Inggris dan sangat sederhana. Langsung saja klik tombol “Registration” untuk memulai proses pendaftaran.

Langkah 2: Isi Data Pribadi

cara mendaftar MDAC Malaysia

Setelah itu, teman-teman klik tombol “Registration”, nantinya akan diarahkan ke halaman formulir pendaftaran. Di sini, Kita harus mengisi data pribadi, seperti:

  • Nama lengkap sesuai paspor
  • Kewarganegaraan
  • Nomor paspor dan tanggal kedaluwarsa
  • Alamat email dan nomor telepon
  • Tujuan kunjungan
  • Alamat tempat tinggal di Malaysia
  • Nomor penerbangan atau kapal
  • Tanggal dan waktu kedatangan dan keberangkatan
  • Moda transportasi (udara, laut, atau darat)
  • Pelabuhan embarkasi terakhir sebelum tiba di Malaysia
  • Pelabuhan masuk di Malaysia

Pastikan teman-teman mengisi data dengan benar dan lengkap, sesuai dengan dokumen perjalanan yang dimiliki. Jika teman-teman melakukan kesalahan, bisa mengeditnya dengan mengklik tombol “Reset” di bawah formulir. Sebaliknya jika sudah yakin, klik tombol “Submit” untuk mengirimkan data Kita. Sebagai informasi, pengisian dan pendaftaran MDAC wajib dilakukan dalam jangka waktu tiga hari sebelum tanggal kedatangan di negara Malaysia.

Langkah 3: Verifikasi Data dan Download File MDAC

Cara mendaftar MDAC Malaysia selanjutnya adalah saat setelah Kita mengirimkan data, nantinya Kita akan menerima email konfirmasi dari Departemen Imigrasi Malaysia. Email ini berisi kode atau pin yang berguna untuk memverifikasi data Kita.

Teman-teman bisa salin PIN tersebut, lalu buka kembali laman pendaftaran MDAC dan pilih menu tab “Check Registration”. Selanjutnya silakan isi dan masukkan nomor paspor teman-teman, pilih Indonesia sebagai negara asal, dan tempel PIN yang Kita salin dari email tadi.

Langkah terakhir tinggal unduh berkas MDAC dalam bentuk PDF dengan klik logo PDF yang ada di halaman tersebut.

Baca Juga :  Review Herbalism Mugwort dan Seriously Soothing Hydrating Gel Mask For Man

Traveler Indonesia tidak dapat Layanan Gerbang Otomatis di KLIA (Hanya untuk traveler dari 10 Negara)

Iya benar banget, negara kita tidak termasuk dalam layanan gerbang otomatis di KLIA. Layanan ini sebdiri tersedia untuk wisatawan dari 10 (sepuluh) negara seperti Australia, Brunei, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Arab Saudi, Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris. Wisatawan yang berasal dari negara tersebut berhak menggunakan layanan gerbang otomatis (autogate) pada saat kedatangan dan keberangkatan dari Terminal 1 atau Terminal 2 di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Para pengunjung dari negara yang sudah memenuhi syarat wajib memastikan jika paspor yang dimiliki masih berlaku selama enam bulan atau lebih untuk dapat menggunakan layanan autogate. Tetapi, pengunjung pertama kali datang ke negara jiran Malaysia dari negara-negara ini tak dapat menggunakan layanan gerbang otomatis

Untuk perjalanan awal, traveler dari negara tersebut harus menyerahkan Malaysia Digital Arrival Card tiga hari sebelum kedatangan. Lalu nantinya, mereka perlu mendaftar dan memverifikasi paspornya di loket manual yang telah dijaga petugas imigrasi.

Seabgai catatan penting, hak istimewa menggunakan layanan autogate hanya berlaku setelah traveler berhasil mendaftar untuk menggunakan gerbang otomatis sesuai izin imigrasi.

Pengecualian Malaysia Digital Arrival Card

Fyi, kewajiban untuk mendaftar MDAC Malaysia tidak berlaku untuk sejumlah kategori wisatawan asing, yaitu:

  • Semua warganegara Singapura
  • Pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas atau resmi
  • Penduduk permanen Malaysia dan pemegang paspor jangka panjang Pemegang Sertifikat Identitas Umum (General Certificate of Identity/GCI) Brunei Darussalam
  • Pemegang fasilitas Brunei Malaysia Frequent Traveller
  • Pemegang izin perbatasan Thailand
  • Pemegang dokumen Perjalanan Lintas Batas Negara (PLB) Indonesia.

Oh iya, berdasarkan informasi laman web Departemen Imigrasi Malaysia, kewajiban mengisi MDAC bagi warga asing ini mulai berlaku 1 Januari 2024. Tetapi, para traveler yang datang ke Malaysia telah dianjurkan untuk mengisi MDAC mulai awal Desember 2023, yang mana dilakukan secara sukarela. Paling penting, pengisian MDAC wajib dilaksanakan tiga hari sebelum datang ke Malaysia.

Baca Juga :  Begini Tips Ngumpulin Uang Traveling dengan Cepat dan Mudah

Mudah-mudahan cara mendaftar MDAC Malaysia ini bisa berguna untuk teman-teman. Selamat berliburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *