Lompat ke konten

Panduan Lengkap Transportasi ke Genting Highland Malaysia Untuk Pariwisata

Bukan tanpa alasan saya buat artikel tentang transportasi ke Genting Malaysia. Sejauh yang saya tau, Genting Highlands Malaysia hadir dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan hiburan tak terbatas yang tentunya menjadi surga tersendiri bagi para traveler. Jika kamu sedang merencanakan liburan ke tempat ini, salah satu pertanyaan utama yang mungkin muncul di benak adalah bagaimana transportasi ke sana.

Tpi jangan khawatir, melalui artikel panduan ini saya berusaha mengumpulkan dan sharing tentang pengalaman saya ke Genting. Saya akan memberikan informasi lengkap tentang berbagai opsi transportasi yang tersedia untuk bisa mencapai destinasi ini seperti pada panduan transportasi di Kuala Lumpur. Dengan memilih transportasi yang tepat, kamu akan dapat menikmati perjalanan yang lancar dan memaksimalkan waktu di Genting Malaysia.

Mengenal Genting Highland Malaysia

panduan transportasi di genting highlands malaysia

Destinasi ini merupakan resor pegunungan yang terletak di Pahang, Malaysia. Banyak wisatawan atau pengunjung yang mengenalnya sebagai “City of Entertainment” atau “Kota Hiburan” yang menawarkan kombinasi unik antara hiburan, perjudian, pemandangan alam yang indah, dan iklim yang sejuk.

Bagi saya pribadi pada awalnya tentu saja karena ada kereta gantungnya. Namun sejak beberapa kali terakhir mengunjungi destinasi ini, saya banyak mencoba hal baru termasuk Indoor theme park nya. Saat ini Genting Highland menjadi destinasi yang memiliki sesuatu untuk semua kalangan, baik teman-teman yang ingin mencari sensasi, kesenangan, budaya, alam, atau belanja sekalipun.

Skytropolis Indoor Theme Park
Skytropolis Indoor Theme Park

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengunjungi destinasi menarik ini, diantaranya?

  1. Tawaran menarik dengan beragam atraksi dan aktivitas yang sesuai untuk berbagai jenis traveler, mulai dari kasino, theme park, atraksi seru, kuliner, dan belanja, hingga pertunjukan dan acara kelas internasional.
  2. Yang paling saya suka, Genting Highland memiliki iklim yang sangat sejuk bahkan berkabut yang memiliki udara yang segar. Ini karena letaknya yang berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur yang biasa panas dan lembap. Dengan mengunjungi tempat ini, kita bisa menikmati pemandangan pegunungan dan hutan hujan yang indah.
  3. Untuk menuju lokasi ini juga sangat mudah dengan menggunakan transportasi darat atau kereta gantung. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar satu jam (dari Kuala Lumpur).
  4. Genting Highland memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik, baik Indoor ataupun outdoor. Mengunjungi peternakan stroberi, melihat kuil Chin Swee Caves, menikmati seharian di pedesaan ala Prancis Colmar Tropicale, ataupun merasakan salju di Snow World Experience.
  5. Fasilitas dan Akomodasi yang Lengkap: Resorts World Genting memiliki berbagai fasilitas dan akomodasi yang memadai. Kita dapat menemukan hotel-hotel mewah, restoran dengan beragam aneka pilihan kuliner, pusat perbelanjaan yang lengkap, dan berbagai fasilitas lainnya yang menjamin kenyamanan selama menginap di Genting Highlands.
  6. Bagi kamu pecinta barang-barang branded, atau suka dengan pilihan merek terkenal baiknya mengunjungi Genting Highlands Premium Outlets yang menjadi surga bagi para pecinta belanja. Outlet ini menawarkan beragam produk dari merek terkenal dengan harga diskon yang menarik. Jadi, kamu sebagai traveler dapat memanjakan diri dengan berbelanja sekaligus menghemat uang.
  7. Genting Highlands menarik wisatawan dari berbagai negara dan budaya yang berbeda. Kamu bisa merasakan keberagaman budaya dalam suasana yang ramah dan ramai. Ini adalah kesempatan yang baik untuk berinteraksi dengan wisatawan dari seluruh dunia dan memperluas wawasan yang kamu miliki.
Baca Juga :  Panduan Liburan Ke Langkawi, Tips dan Informasi Penting
Menikmati salju di Snow World Experience
Menikmati salju di Snow World Experience

Teman-teman juga tidak perlu bingung selama di sana. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi:

  • Genting SkyWorlds Theme Park: Sebuah taman tema baru dan menarik yang menampilkan beragam wahana dan atraksi yang terinspirasi dari film dan waralaba populer, semisal Ice Age, Rio, Planet of the Apes, dan lain-lain.
  • Skytropolis Indoor Theme Park: Sebuah taman tema indoor yang menawarkan berbagai macam wahana untuk semua usia dan selera, mulai dari roller coaster dan kincir-kincir hingga permainan VR dan mesin arcade. Sekedar saran jika kalian ingin menikmati beragam atraksinya ada baiknya datang pada hari biasa dan menghindari hari libur. Karena jujur saja beberapa kali ke sana sangat ramai.
  • Snow World Experience: Sebuah dunia salju di mana para traveler bisa merasakan salju, patung es, igloo, dan seluncuran. Jujur untuk yang satu ini saya angkat tangan. Meski sudah menggunakan jaket, sepatu sebagai penahan dingin, saya tetap ga kuat.
  • Chin Swee Caves Temple: Sebuah kuil megah yang menampilkan arsitektur dan budaya Tionghoa, serta pemandangan indah pegunungan dan hutan hujan.
  • Genting Highlands Premium Outlets: Sebuah surga belanja di mana pengunjung bisa menemukan barang-barang bermerek dengan harga diskon, mulai dari pakaian dan aksesoris hingga sepatu.

Sebenarnya ada banyak tempat lainnya, tapi bagusnya langsung aja untuk teman-teman ke lokasi.

Panduan Transportasi ke Genting Highland Malaysia

transportasi ke genting highland malaysia
Antrian di Awana Skyway saat turun

Bagaimana cara terbaik untuk menuju Genting Malaysia? Apa saja pilihan transportasi yang tersedia dan mana yang paling cocok untuk teman-teman? Berikut ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan informasi yang dapat membantu teman-teman memilih cara terbaik untuk menuju Genting Highland Malaysia.

1. Naik Pesawat

Jika Kamu berasal dari luar negeri atau dari kota-kota besar di Indonesia seperti saya dari Pekanbaru atau Jakarta, Surabaya, atau Medan, maka naik pesawat adalah cara tercepat dan termudah untuk menuju Genting Highland Malaysia. Kamu bisa terlebih dahulu memesan tiket pesawat ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA) atau Sultan Abdul Aziz Shah Airport (SZB), yang merupakan bandara utama di Kuala Lumpur.

Baca Juga :  Pengalaman Pertama Kali Liburan ke Penang Malaysia

Selanjutnya dari bandara, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi darat semisa bus, taksi, kereta api, atau mobil sewaan. Jarak antara bandara dan Genting Malaysia sekitar 110 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi lalu lintas pada saat itu.

2. Naik Bus

transportasi ke genting highlands
Tak perlu bingung karena banyak papan informasinya

Menurut saya ini salah satu opsi murah transportasi ke Genting Highland Malaysia. Jika kamu berada di Kuala Lumpur atau kota-kota besar lain di Malaysia seperti Penang, Ipoh, Johor Bahru, atau Melaka, ada beragam perusahaan bus yang menyediakan layanan antar-jemput ke Genting Highlands Resort, seperti Aerobus, Go Genting Express Bus, Star Shuttle Bus, Transtar Travel Bus, dan lain-lain.

Kamu juga bisa membeli tiket bus secara online atau langsung di terminal bus seperti Terminal Bersepadu Selatan (TBS), Pudu Sentral (PUDU), KL Sentral (KL), atau Hentian Duta (HD). Harga tiket bus bervariasi tergantung perusahaan bus dan jarak tempuh, tetapi rata-rata berkisar antara RM 10-RM 20 per orang.

Saya sendiri paling sering berangkat melalui KL Sentral dan membeli tiket bus dan kereta gantung langsung dari loket Go Genting yang terletak di basement KL Sentral. Harga tiket kombinasi bus dan kereta gantung adalah RM 20 untuk dewasa, RM 17 untuk anak-anak dan lansia, dan RM 12 untuk penyandang disabilitas. Oh iya itu harga terbaru, sebelumnya jauh lebih murah sekitar 11-13 RM saja.

transportasi ke genting highland malaysia

Jadwal berangkat dari KL Sentral setiap jam, mulai dari pukul 08.30 hingga 19.30. Bus akan menuju ke Awana Bus Terminal, yang mana merupakan terminal bus utama di Genting Highlands Resort. Waktu tempuh sekitar 1-2 jam tergantung kondisi lalu lintas.

transportasi ke genting highlands malaysia
Semakin seru saat hujan dan berkabut

Tahap yang paling menarik tentunya saat perjalanan dari Awana Bus Terminal menuju Genting Highland Resort. Kereta gantung Awana Skyway yang beroperasi dari pukul 07.00 hingga 23.59 ini akan membawa kita ke SkyAvenue Station, yang merupakan stasiun akhir di Genting Highlands Resort. Waktu tempuh sekitar 10 menit. Pada tahap ini perjalanan biasanya ada kabut-kabutnya kwkwk pastinya sangat menarik.

3. Naik Kereta Api

Transportasi ke Genting Highland Malaysia selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi kereta api (meski ga ada asapnya). Ini merupakan cara yang menyenangkan dan menawarkan pemandangan yang indah untuk menuju Genting Malaysia. Tentunya hal ini berlaku jika Kamu berada di Kuala Lumpur atau kota-kota lain di Malaysia seperti Ipoh atau Butterworth. Kamu bisa menggunakan transportasi kereta api ETS (Electric Train Service) yang beroperasi di jalur utara-selatan Malaysia dan berhenti di stasiun KL Sentral.

Baca Juga :  Panduan Transportasi di Kuala Lumpur Ga Bikin Bingung

Dari KL Sentral, Kamu dapat berganti ke kereta api KTM Komuter yang menuju ke stasiun Batu Caves. Dari Batu Caves, selanjutnya kamu dapat naik taksi atau bus ke Awana Bus Terminal (harganya sama dengan berangkat dari KL Sentral) dan kemudian naik kereta gantung Awana Skyway atau taksi ke hotel atau tempat tujuan kamu nantinya.

Harga tiket kereta api ETS bervariasi tergantung kelas dan jarak tempuh, tetapi rata-rata berkisar antara RM 20-RM 50 per orang. Harga tiket kereta api KTM Komuter adalah RM 2.6 per orang. Waktu tempuh total dari KL Sentral ke Batu Caves sekitar 45 menit.

4. Naik Taksi

Naik taksi atau kalau orang-orang bilang taksi online seperti Grab adalah cara yang fleksibel dan praktis untuk menuju Genting Malaysia tanpa repot-repot dengan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa dengan mudah menemukan taksi di bandara, stasiun kereta api, terminal bus, hotel, atau tempat-tempat ramai lainnya di Kuala Lumpur atau kota-kota lain di Malaysia. Kalau yang online tinggal buka aplikasinya saja juga jadi gampang.

Harga taksi ke Genting Malaysia bervariasi tergantung lokasi penjemputan, waktu, dan kondisi lalu lintas, tetapi rata-rata berkisar antara RM 150-RM 250 per mobil. Waktu tempuh sekitar 1-2 jam.

5. Naik Mobil Sewaan

Ini kalau menurut saya cara paling elit dengan menggunakan mobil sewaan. Wajar sih, dengan transportasi ini kita bebas dan mandiri untuk menuju Genting Malaysia. Apalagi untuk lokasi-lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi umum, mobil sewaan pas banget.

Kamu dapat memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu punya, mulai dari mobil ekonomi, sedan, SUV, hingga MPV. Jangan lupa untuk memastikan kamu punya SIM internasional yang valid dan memeriksa kondisi mobil sebelum menyewa. Juga, pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan penyewaan dengan baik.

Harga sewa mobil ke Genting Malaysia bervariasi tergantung jenis mobil, durasi sewa, dan asuransi, tetapi rata-rata berkisar antara RM 100-RM 300 per hari. Waktu tempuh sekitar 1-2 jam.

Well, itulah panduan transportasi ke Genting Highland Malaysia yang sudah saya susun berdasarkan pengalaman dan sharing teman-teman yang lain. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Apapun cara yang dipilih, pastikan kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selamat berlibur dan menikmati keindahan dan keseruan Genting Highland Malaysia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *