Bersantai Menikmati Pesona Kolam Renang Tirta alami Sumatera Barat

Jauh-jauh traveling ke Sumatera Barat, kurang rasanya kalau tidak mampir ke destinasi pemandian alam kolam renang Tirta Alami. Apalagi setelah berkeliling di kabupaten kota yang ada di Sumatera Barat seperti tempat wisata di Matur pasti terasa capek dan letih. Maka perlu bersantai sejenak menikmati alam dengan mandi di air dingin yang berasal dari gunung langsung.

Kesan pertama yang saya terima dan ditawarkan oleh tempat pemandian alam iniyaitu hamparan airnya yang sangat alami dan jernih. Udara yang ada di sekitarnya pun juga sangatlah sejuk karena belum terpapar polusi udara. Para pengelola wisata menambahkan batu alam untuk memberikan kesan keaslian dari pemandian alami.

Batu-batu alam tersebut disusun rapi supaya memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung di lokasi ini. Teman-teman yang datang tidak akan menemukan keramik seperti di tempat pemandian yang lainnya karena memang tujuan dari pengembangan lokasi ini yaitu untuk memfokuskan kealamian dan keasrian dari pemandian Alam.

Bersantai di Kolam Renang Tirta Alami

Bersantai Menikmati Pesona Kolam Renang Tirta alami Sumatera Barat
Pesona dengan air jernihnya siapa yang bakal menolak

Destinasi ala mini berada di daerah Anai Resort dan bisa dikatakan jalan menuju ke sana menjadi jalur lintas Padang Bukittinggi. Sepanjang jalan menuju pemandian alami ini juga terdapat pemandian lain seperti Tirta alami. Pemandangan yang ada di sekitar memang sangatlah indah karena memang tirta alami menjadi tempat pemandian alami yang berasal dari bebatuan alam.

Bersantai Menikmati Pesona Kolam Renang Tirta alami Sumatera Barat
Selain jernih, air dan cuaca sekitar cukup dingin

Tidak sampai di situ saja karena sumber airnya berasal langsung dari mata air gunung Tandikek, tentunya hal ini sudah bisa dipastikan bagaimana kesegaran dan kejernihan dari air tersebut. Nuansa alam yang romantis bisa disaksikan para pengunjung melalui keindahan alam yang ada disekitar.

Baca Juga :  Traveling ke Ranah Minang, Gunain Bahasa Minang Praktis Ini

Aliran air yang sangat jernih menjadi sumber air yang sangat mempesona karena air tersebut bagaikan air terjun. Untuk bisa menciptakan kenyamanan para pengunjung, maka para pengelola objek wisata ini telah melakukan perenovasian. Untuk menjaga ke alamian Taman Tirta Alami ini batuan yang digunakan dalam pembuatan kolam ini adalah bebatuan alami yang berasal dari alam dan disusun berundak-undak.

Selain itu kadang kala, kita juga bisa melihat pemandangan di mana monyet-monyet yang berasal dari hutan di gunung turun ke bawah. Sekedar menyapa kita dan menunjukkan keberadaan mereka.

Pemandian alam Tirta Alami ini terdiri dari beberapa kolam pemandian yang di bagi sesuai kedalaman dan tinggi badan. Mulai dari kolam yang dikhususkan untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Setiap kolam juga dibuatkan susunan batu alam menyerupai tangga dan ada juga informasi berapa ketinggian kolam pemandian ini.

Oh iya, selain untuk bersantai sejenak sambal berenang, destinasi ini sangat tepat untuk membawa keluarga. Kita bisa melentang tikar sambal makan makanan yang sudah kita siapkan dari rumah atau membawa Itiak Lado Mudo Ngarai. Makan bersama atau jika ingin membeli, banyak juga masyarakat lokal yang berjualan pop mie.

Kita bisa duduk di bawah pohon besar yang rindang, belum lagi ditambah dengan suasana dan keadaan cuaca sekitar yang dingin. Banyak juga yang menganggap destinasi ini mirip dengan Umbul Ponggok yang ada di Klaten.

Bersantai Menikmati Pesona Kolam Renang Tirta alami Sumatera Barat
Bawa makanan dari rumah dan duduk besantai di atas tikar, kenapa tidak?

Dan perlu menjadi catatan, kolam renang yang juga dikenal dengan pemandian alami tirta alami Malibo ini tidak ada sama sekali menggunakan kaporit atau bahan kimia pembersih lainnya. Karena airnya terus mengalir, dan sejauh yang saya perhatikan pengelola membersihkan secara rutin. Dengan menguras satu-persatu kolam yang ada dan membuat sampah dedaunan yang jatuh ke kolam.

Baca Juga :  Rumah Barbie, Objek Wisata Payakumbuh Instagramable

Jika teman-teman penasaran bisa langsung berkunjung ke kolam renang Tirta alami ini dan rasakan nuansa alam dan kesegaran yang luar biasa. Tentunya hal ini sangat berbeda dari tempat pemandian atau kolam renang yang ada di perhotelan maupun di tempat umum.

Lokasi dan Jam Operasional

Destinasi menarik ini berada di Malibo Anai atau Anai Resort, Kayu Taman, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Apabila berada di Padang maka objek wisata ini hanya kisaran 60 KM saja. Kalau dari Bukittinggi jaraknya sekitar 31 KM atau sekitar 1 jam lebih.

Destinasi pemandian alam ini hanya buka sampai pukul 18.00 WIB. Karena outdoor, lokasi renang ini tidak bisa sampai malam.

Harga Tiket Masuk Tirta Alami 2022

Untuk datang ke objek wisata ini para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp10.000 (mobil) saja. Sementara untuk biaya masuk dan mandi di kolam dapat membayar Rp,15.000. Harga yang pas untuk bisa menyaksikan pemandangan eksotik di balik dari Alam Taman Tirta alami.

Daya Tarik

  1. Primadona Pemandian

Pemandian Alam Taman Tirta alami disebut sebagai primadona pemandian karena air di dalam kolam bersumber langsung dari pegunungan, sehingga kesegaran air yang ada di kolam benar-benar dirasakan. Lokasi favorit traveler biasanya berada di air terjun mini.

  1. Taman Curug

Taman Tirta alami mempunyai curug yang menjadikan tempat pemandian ini semakin membuat para masyarakat penasaran. Daunnya yang sangat hijau, airnya yang sangat segar dan bebatuan berukuran besar menjadikan aliran air terdengar nyaring dan semuanya masih alami. Anda bisa merasakan udara sejuk yang ada di sekitarnya.

  1. Tempat untuk Hunting Foto

Para fotografer yang menyukai spot foto berbeda dan cantik maka kolam renang Tirta alami wajib dikunjungi. Oleh karena itu saat berkunjung ke lokasi ini jangan lupa untuk membawa lensa kamera supaya bisa mengabadikan setiap momen yang ada di objek wisata.

Baca Juga :  Perjuangan!!, Air Terjun Sipagogo Ujung Gading Pasaman Barat

Fasilitas

Bersantai Menikmati Pesona Kolam Renang Tirta alami Sumatera Barat
Salah satu spot favorit

Fasilitas yang bisa ditemukan di pemandian yang juga sering disebut Tirta alami Padang Panjang sejauh yang saya tau seperti toilet dan bisa untuk mandi, tempat ganti pakaian, flying fox, area bermain, warung makan, jajanan makanan ringan, minuman dingin dan yang lainnya. Pastinya juga terdapat mushala.

Tips Saat Berkunjung

  • Teman-teman harus mempersiapkan segala sesuatu yang memang dibutuhkan ketika hendak pergi ke destinasi ini.
  • Cek kendaraan secara keseluruhan supaya perjalanan tidak mengalami kendala.
  • Bawalah kamera apalagi kamera under water untuk mengabadikan keindahan pemandian Tirta Alami.
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan.
  • Bawalah peralatan mandi seperti shampoo, sabun, baju renang, baju ganti, sikat gigi, handuk dan yang lainnya.
  • Datang lebih pagi, karena biasanya di atas jam 10 sudah mulai ramai. Apalagi saat weekend tiba.
  • Siapkan fisik supaya liburan menjadi lebih menyenangkan.
  • Buang sampah pada tempatnya, jaga lingkungan sekitar.

Well bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi kolam renang Tirta Alami ini. Segera persiapkan waktu dan segala akomodasi untuk bisa ke tempat ini. Bawa keluarga dan selamat berliburan!

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.