Lompat ke konten

Rekomendasi 5 Tempat Penukaran Uang Asing di Pekanbaru Riau

Sobat-sobatku yang di Pekanbaru ada yang berencana untuk liburan ke luar negeri? Jika ya, maka pastinya perlu donk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk uang asing yang nantinya kita butuhkan untuk berbagai keperluan di negara tujuan. Saya ingin share tempat penukaran uang asing di Pekanbaru yang mudah, aman, dan menguntungkan.

Jika kalian tinggal di Pekanbaru, teman-teman tidak perlu khawatir, karena ada banyak tempat penukaran uang asing di kota ini yang bisa kita pilih. Baik itu money changer, bank, atau tempat lainnya, Kamu bisa menemukan tempat penukaran uang asing yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Namun, Kita juga harus berhati-hati, karena tidak semua tempat penukaran uang asing di Pekanbaru memberikan layanan yang terpercaya dan menguntungkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Saya akan mencoba memberikan informasi lengkap tentang di mana baiknya untuk menukarkan uang asing di kota Pekanbaru. Saya akan memberikan daftar, lokasi, kurs, dan pelayanan dari berbagai tempat, baik itu money changer, bank, atau tempat lainnya. Saya juga akan memberikan tips dan trik untuk memilih tempat penukaran uang asing di Pekanbaru yang bagus dan menguntungkan. Simak terus artikel ini sampai selesai, dan siapkan diri Kalian untuk liburan yang menyenangkan.

Apa Itu Kurs dan Mengapa Penting untuk Diketahui?

Sebelum ke topik utama, ada baiknya kita mengenal Kurs terlebih dahulu. Tak bisa dipungkiri kurs merupakan istilah yang sering kita dengar dalam dunia ekonomi dan keuangan, terutama yang berkaitan dengan transaksi internasional. Namun, apakah kita sudah benar-benar memahami apa itu kurs dan mengapa penting untuk diketahui? Saya akan coba menjelaskan pengertian, jenis, dan faktor yang mempengaruhi kurs, serta dampaknya bagi kita sebagai individu maupun sebagai negara yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

Pengertian Kurs

tempat penukaran uang asing di pekanbaru
Photo By Ahsanjaya: https://www.pexels.com/photo/person-holding-a-money-8719573/

Secara umum, kurs adalah nilai atau harga mata uang sebuah negara yang diukur dalam mata uang negara lain. Kurs memungkinkan kita untuk melakukan transaksi ekonomi atau perdagangan internasional dengan menggunakan mata uang yang berbeda. Misalnya, jika kita ingin membeli barang dari luar negeri, kita harus menukarkan rupiah kita dengan mata uang negera yang dituju, sesuai dengan kurs yang berlaku. Kurs bisa berubah-ubah setiap hari karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti inflasi, kebijakan pemerintah, permintaan dan penawaran, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Kurs

Ada beberapa jenis kurs yang perlu kita ketahui, antara lain:

  • Kurs jual, yaitu kurs yang digunakan saat bank atau pedagang valas menjual mata uang asing kepada kita. Misalnya, jika kita ingin menukarkan rupiah dengan dolar Amerika Serikat, kita harus membayar sesuai dengan kurs jual dolar Amerika Serikat.
  • Kurs beli, yaitu kurs yang digunakan saat bank atau pedagang valas membeli mata uang asing dari kita. Misalnya, jika kita ingin menukarkan dolar Amerika Serikat dengan rupiah, kita akan menerima sesuai dengan kurs beli dolar Amerika Serikat.
  • Kurs tengah, yaitu kurs yang merupakan rata-rata dari kurs jual dan kurs beli. Kurs tengah biasanya digunakan sebagai acuan atau patokan dalam menentukan kurs jual dan kurs beli.
Baca Juga :  20+ Tempat Instagramable di Singapura. Panduan Lengkap dan Detail

Faktor yang Mempengaruhi Kurs

Kurs tidaklah tetap, melainkan berfluktuasi sesuai dengan kondisi pasar dan ekonomi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kurs, antara lain:

  • Tingkat inflasi, yaitu kenaikan harga barang dan jasa secara umum. Tingkat inflasi yang tinggi akan menurunkan nilai mata uang lokal, sehingga kursnya akan melemah terhadap mata uang asing. Sebaliknya, tingkat inflasi yang rendah akan meningkatkan nilai mata uang lokal, sehingga kursnya akan menguat terhadap mata uang asing.
  • Kebijakan pemerintah, yaitu tindakan atau aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur perekonomian. Kebijakan pemerintah yang berpengaruh terhadap kurs antara lain adalah kebijakan moneter, fiskal, dan perdagangan. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang berkaitan dengan jumlah uang beredar, suku bunga, dan cadangan devisa. Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berkaitan dengan pengeluaran dan penerimaan pemerintah, seperti pajak, subsidi, dan utang. Kebijakan perdagangan adalah kebijakan yang berkaitan dengan impor dan ekspor, seperti tarif, kuota, dan larangan.
  • Permintaan dan penawaran, yaitu kekuatan pasar yang menentukan harga barang dan jasa. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen, sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen. Jika permintaan mata uang asing meningkat, maka kursnya akan naik, karena mata uang asing menjadi lebih langka dan mahal. Sebaliknya, jika permintaan mata uang asing menurun, maka kursnya akan turun, karena mata uang asing menjadi lebih berlimpah dan murah.


Dampak Kurs Pada Penukaran Uang

Dampak kurs pada penukaran uang bisa saja positif atau negatif, tergantung pada arah perubahan kurs dan tujuan penukaran uang. Jika dilihat secara umum, dampak kurs pada penukaran uang adalah sebagai berikut:

  • Jika kurs melemah, yaitu nilai mata uang lokal menurun terhadap mata uang asing, maka dampaknya adalah:
    • Penukaran uang lokal menjadi uang asing akan lebih mahal, karena kita harus membayar lebih banyak uang lokal untuk mendapatkan jumlah uang asing yang sama.
    • Penukaran uang asing menjadi uang lokal akan lebih murah, karena kita akan mendapatkan lebih banyak uang lokal dengan menukarkan jumlah uang asing yang sama.
    • Dampak ini menguntungkan bagi orang yang ingin menukarkan uang asing menjadi uang lokal, misalnya para pekerja migran, turis asing, atau eksportir. Namun, dampak ini merugikan bagi orang yang ingin menukarkan uang lokal menjadi uang asing, misalnya para pelancong, importir, atau pembayar utang luar negeri.
  • Jika kurs menguat, yaitu nilai mata uang lokal meningkat terhadap mata uang asing, maka dampaknya adalah:
    • Penukaran uang lokal menjadi uang asing akan lebih murah, karena kita harus membayar lebih sedikit uang lokal untuk mendapatkan jumlah uang asing yang sama.
    • Penukaran uang asing menjadi uang lokal akan lebih mahal, karena kita akan mendapatkan lebih sedikit uang lokal dengan menukarkan jumlah uang asing yang sama.
    • Dampak ini menguntungkan bagi orang yang ingin menukarkan uang lokal menjadi uang asing, misalnya para pelancong, importir, atau pembayar utang luar negeri. Namun, dampak ini merugikan bagi orang yang ingin menukarkan uang asing menjadi uang lokal, misalnya para pekerja migran, turis asing, atau eksportir.

Daftar Tempat Penukaran Uang Asing di Pekanbaru

Tempat menukarkan uang asing ini atau sering juga disebut money changer adalah tempat penukaran uang asing yang biasanya beroperasi semisal di pusat-pusat perbelanjaan, hotel, bandara, atau tempat-tempat strategis lainnya. Money changer menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi penukaran uang asing. Namun, sebagai traveler kita harus berhati-hati dalam memilih money changer, karena ada beberapa money changer yang tidak resmi atau tidak berizin yang bisa menipu Kamu dengan memberikan kurs yang tidak sesuai dengan pasar atau uang palsu.

Di Pekanbaru sendiri ada banyak tempat untuk menukarkan uang asing ini. Dari pengalaman, berikut ini adalah beberapa money changer yang saya rekomendasikan di Pekanbaru yang sudah berizin dari Bank Indonesia dan memiliki reputasi yang baik:

Toko Mas Ruby Permata Sari

Toko mas yang letaknya berada di Jl. Jend Sudirman No. 95 Pekanbaru ini juga melayani valuta asing dan money changers. Toko ini menjadi pilihan nomor 1 saya sebagai money changer rekomendasi di Pekanbaru yang memberikan layanan penukaran uang dengan harga terbaik karena nilai kursnya terbaik dan sesuai dengan harga pasar.

Cece yang menjadi tuan rumah baik banget dan selalu melayani saya sebagai konsumer dengan baik. Pastinya pelayanannya ramah dan profesional, segala pertanyaan dan kebutuhan kita siap dibantu. Beberapa kali saya juga mendapatkan edukasi karena mereka juga memberikan saran yang berguna tentang mata uang asing yang kita tukarkan.

Transaksinya juga cepat dan aman. Kita hanya perlu menunjukkan identitas diri dan mengisi formulir penukaran uang. Uang yang kita tukarkan akan langsung diberikan tanpa ada potongan biaya apapun.

Untuk lokasi juga sangat strategis, dekat dengan pusat kota dan beberapa tempat menarik seperti Masjid Agung An-Nur dan Jembatan Siak IV. Teman-teman yang ingin menanyakan rate atau pertanyaan lainnya bisa menghubungi nomor telepon (0761) 31267 – 34461.

Toko Mas Gemar/ PT. Gemar Mas Jaya

Toko mas ini letaknya berada di Jl. KH. Hasyim Ashari no. 12 A Pekanbaru atau biasa orang sebut di kawasan pasar pusat. Sama dengan Ruby, toko emas ini ini juga melayani valuta asing dan money changers. Toko ini menjadi pilihan nomor 2 saya setelah Ruby, karena nilai tukarnya ga jauh berbeda dengan Ruby. Selain itu pilihan mata uangnya lebih banyak dari Ruby.

Dari segi pelayanan juga ramah dan profesional serta sebagai nilai tambah stafnya juga banyak. Sehingga transaksi kita jauh lebih cepat dan aman.

Untuk lokasi juga strategis, berada di pusat kota dan terletak di kawasan pasar Pusat/ Sukaramai. Teman-teman yang ingin menanyakan rate atau pertanyaan lainnya bisa menghubungi nomor telepon (0761) 33069.

DOLARASIA MONEY CHANGER PEKANBARU

Bisa dikatakan money changer ini baru di Pekanbaru dan saya sendiri belum pernah menukarkan uang secara langsung. Letaknya berada di Jl. Jend. Sudirman No.412G Pekanbaru dekat dengan Rumah Makan Pagi Sore atau di seberang KHAS Hotel.

DOLARASIA MONEY CHANGER adalah perusahaan yang bergerak dan fokus pada bidang Penukaran Mata Uang Asing. Di Tanah air sendiri, money changer ini memiliki beberapa cabang termasuk di kota bertuah Pekanbaru. Selain sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia, DOLARASIA juga menyediakan layanan antar jemput dan bahkan untuk operasionalnya hari minggu ataupun hari libur tetap buka. Layanan juga bisa melalui WhatsApp yang bisa membantu kita untuk menanyakan rate atau informasi lainnya.

Dari saudara dan teman, Toko ini bisa menjadi pilihan utama ke depannya karena layanannya yang super ramah dan cepat. Stafnya selalu membantu baik melalui komunikasi offline ataupun melalui WA. Nilai tukarnya juga terbaik karena menawarkan kurs yang kompetitif dan transparan serta paling penting pilihan mata uangnya juga banyak. Saya juga melihat untuk reviewnya melalui google maps juga tidak mengecewakan dan banyak orang yang merekomendasikannya.

Baca Juga :  Jangan keliru! Ini Beda Trekking dan Hiking yang Harus Diketahui

Teman-teman yang ingin menanyakan rate atau pertanyaan lainnya bisa menghubungi nomor telepon (0761) 8665934 atau WhasApp 081322888294.

Kirana Baru Money Changers

Kirana Baru Money Changers bisa jadi pilihan money changer selanjutnya. Letaknau berada di Jl. Jend. Sudirman no. 140 C Pekanbaru, pas di seberang Mal Pekanbaru. Money changer ini menyediakan berbagai macam mata uang asing dengan kurs yang menguntungkan dan transaksi yang cepat.

Sejujurnya saya belum pernah melakukan penukaran uang di sini, tetapi dari teman-teman terdekat saya tak terlalu menganjurkannya. Selain nilai tukar yang ratenya jauh berbeda dengan tempat lain di atas, juga layanannya yang kurang memuaskan. Banyak yang bilang para staf terlalu jutek dan sombong.

Tapi jika teman-teman ingin mencoba tak ada salahnya, bisa menghubungi nomor telepon (0761) 24180

Bank yang Menyediakan Layanan Penukaran Uang Asing di Pekanbaru

Selain money changer, teman-temnan juga bisa menukarkan uang asing di bank yang menyediakan layanan penukaran uang asing di Pekanbaru. Bank biasanya memiliki kurs yang lebih stabil dan resmi daripada money changer. Namun, Kalian mungkin perlu membawa dokumen-dokumen tertentu, seperti KTP, paspor, atau kartu kredit untuk melakukan transaksi penukaran uang asing di bank.

Tips Pilih Tempat Penukaran Uang Asing di Pekanbaru

Untuk pilih tempat tukar uang asing di Pekanbaru yang bagus dan menguntungkan, teman-teman perlu perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Cek kurs yang ditawarkan oleh tempat tukar uang asing yang teman-teman pilih dengan kurs yang berlaku di pasar. Kamu bisa pakai aplikasi atau situs web yang ngasih info kurs mata uang asing.
  • Pilih tempat tukar uang asing yang udah punya izin dari Bank Indonesia dan punya nama baik. Teman-teman bisa cek izin dan nama baik tempat tukar uang asing yang kalian pilih di situs web resmi Bank Indonesia atau di internet.
  • Periksa kondisi uang asing yang Kamu dapat dari tempat tukar uang asing yang kalian pilih. Pastikan uang asing yang Kamu dapat nggak rusak, sobek, atau palsu.Teman-teman bisa pakai alat pendeteksi uang palsu atau bandingin uang asing yang kalian dapat dengan uang asing yang asli.
  • Simpan bukti transaksi tukar uang asing yang teman-teman lakukan di tempat tukar uang asing yang dipilih. Bukti transaksi bisa berupa struk, nota, atau tanda terima. Bukti transaksi bisa berguna sebagai acuan kalau ada masalah atau sengketa dengan tempat tukar uang asing yang dipilih.

Itulah informasi lengkap tentang tempat penukaran uang asing di pekanbaru yang bisa teman-teman jadikan sebagai referensi. Saya harap artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam menyiapkan uang asing yang Kamu butuhkan untuk liburan. Jangan lupa untuk memperhatikan tips dan trik yang saya berikan untuk memilih tempat penukaran uang asing yang terpercaya dan menguntungkan. Selamat berlibur dan semoga lancar, dan jika ada rekomendasi lainnya bisa tulis di kolom komentar yaaaaaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *