Menemukan Kembali Kebahagiaan di Gardens By The Bay Singapore

Sebenernya udah lama banget draft tentang artikel Gardens By The Bay Singapore ini, dan baru sekarang bisa di publikasikan. Padahal saya sudah sering sekali mengunjungi destinasi menarik di Singapura ini termasuk dalam artikel pengalaman backpacker ke Singapura dari Pekanbaru.

Ya memang benar, Singapura merupakan negara kecil dengan luas sekitar 719,1 km², yang berada di Asia Tenggara. Jumlah penduduk negara Singapura sekitar 5 juta orang. Negara ini merdeka pada tahun 1965. Sebelum saat ini, mayoritas penduduk Singapura hidup di bawah garis kemiskinan. Lain dulu lain sekarang, di masa sekarang Singapura menjadi sebuah negara kecil yang mengalami perkembangan yang pesat.

Meskipun hanya sebuah negara dengan luas wilayah kecil, tapi negara yang memiliki julukan negeri Singa ini mampu menarik para traveler ataupun wisatawan untuk datang. Banyak sekali destinasi yang menjadi impian atau yang ingin dikunjungi tak terkecuali saya. Salah satunya tentunya sebuah taman alam perkotaan dengan luas yang besar plus modern.

Kenapa Gardens By The Bay Singapore

gardens by the bay singapore
mengamati peta

Bisa dibilang Singapura sekarang adalah negara maju di kawasan Asia Tenggara. Dengan kota yang bersih dan tertata dengan rapi serta memiliki banyak gedung pencakar langit yang menggunakan infrastruktur ultramodern. Dan jika kamu ingin bukti tentang kemodernan nya Singapura, kamu bisa tengok Gardens By The Bay. Selain sebagai destinasi wisata unggulan di Singapura, destinas ini merupakan salah satu bukti bahwa The Lion City memiliki teknologi dan infrastruktur yang sangat modern serta maju.

Gardens By The Bay yang di buka pada bulan Juni tahun 2012 silam ini memiliki banyak koleksi tumbuhan, di mana ada sebanyak 1,5 juta tanaman dengan 158 ribu tanaman tumbuh pada pohon baja yang tinggi nya mencapai 25-50 meter.

Menariknya semua tanaman yang ada merupakan berbagai tanaman yang ada di seluruh dunia. Cara penyajiannya mampu menarik wisatawan manapun, tak terkecuali saya. Dibuat dengan tampilan kreatif, rapi, indah dan tentunya bisa membuat kita nyaman, kagum dan bahagia. Namun konsep display dari tanaman-tanaman tersebut dibuat dengan sangat kreatif sehingga kebun ini jauh dari membosankan. Bukan hanya tidak membosankan tapi malah membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Pastinya setiap ke Singapura selalu singgah ke destinasi wisata ini. Tak akan pernah bosan, karena tiap tiap musim ada pergantian tema.

Objek Wisata di Gardens By The Bay Singapore

Dari kejauhan

Tentunya taman ultramodern yang luas ini telah mendapat banyak penghargaan, salah satu nya adalah dari Guinnes World Record sebagai rumah kaca terbesar di seluruh dunia. Di lokasi Gardens By The Bay terdapat banyak ruang yang bisa kamu jelajahi, jika kamu tidak ada gambaran mengenai destinasi ini, berikut akan saya coba jelaskan beberapa hal tentang Gardens By The Bay.

Keliling di Cloud Forest

Cloud Forest Gardens By The Bay Singapore
Air Terjun Raksasa

Salah satu lokasi pertama yang saya jelajahi adalah Cloud Forest, di mana di dalamnya terdapat sebuah air terjun buatan yang tertinggi di dalam ruangan di seluruh dunia. Gedungnya berbentuk kubah besar dengan arsitektur keren. Selain terdapat air terjun buatan yang sangat tinggi, ada juga sebuah jembatan yang mengelilingi tiang yang ada di cloud forest, jembatan tersebut bernama Skyway . Jika kamu berdiri diatas Skyway, kamu akan melihat pemandangan indah dalam ruangan yang di sajikan oleh Gardens By The Bay.

Flower dome Gardens By The Bay Singapore
Ada beragam tanaman dari seluruh dunia

Pertama kali saya masuk ke dalam dome ini saja sudah sangat senang. Angin dingin dari dalam seakan mengundang kami untuk terus masuk ke dalam melihat berbagai koleksinya. Langsung dihadapkan air terjun yang memiliki tinggi kira-kira 35 meter di dalam gedung bertingkat berbentuk kubah. Saya juga mencoba Skyway dan menjelajahi area ini melalui jembatan menggantung. Layaknya hutan kadang kala ada elemen-elemen pendukung semisal kabut dingin dan lainnya.

Cloud Forest Gardens By The Bay Singapore
Skywalk yang menguji adrenalin

Untuk dapat menikmati keindahan di Cloud Forest yang menjadi bagian Gardens By The Bay Singapore ini kamu akan dikenakan biaya. Biasanya tarif tiket masuk di Cloud Forest terbagi jadi dua, yaitu untuk orang lokal dan wisatawan asing atau turis. Untuk turis atau wisatawan asing harga tiket saat itu dibandrol mulai dari SGD28 atau jika di kurs ke rupiah sebesar 274 ribu rupiah. Harga saat ini atau semenjak pandemi saya tak begitu tau, tapi jika dilihat dari websitenya sekitar SGD20. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati keindahan buatan yang ada di Cloud Forest.

Flower Dome

Flower dome Gardens By The Bay Singapore
Ada berbagai jenis bunga

Setelah berkeliling menjelajahi Cloud Forest, saatnya kita berkunjung ke kubah yang kedua, yaitu Flower Dome. Destinasi ini memiliki luas sekitar 1,2 hektar yang mana menjadi sebuah taman konservatori di dalam ruangan yang menyimpan berbagai jenis bunga yang akan bermekaran indah pada musim nya masing-masing.

Flower dome Gardens By The Bay Singapore
Salah satu event yang mengenalkan bunga tulip

Ruangan ini sangat nyaman karena suhu dalam ruangan ini selalu dikondisikan stabil dengan kecanggihan teknologi nya. Di tempat ini sering diadakan beragam acara menarik seperti misalnya pamaran bunga orchid, pameran fotografi dan masih banyak lagi. Selain itu, setiap kali diadakan acara-acara perayaan hari besar seperti tahun baru, imlek, natal, dan juga lebaran hari raya lain, Flower Dome akan didesain sesuai dengan tema hari besar tersebut. Kamu akan dapat melihat pemandangan yang indah berupa bunga-bunga yang bermekaran dengan cantiknya.

Flower Dome Gardens By The Bay Singapore
Warna warni menambah semarak kumpulan bunga

Saat pertama kali saya mengunjungi kubah ini tema atau event yang sedang berlangsung adalah bunga-bunga negara Belanda. Beruntung sekali saya bisa melihat secara langsung berbagai bunga tulip yang indah tanpa harus pergi ke Belanda. Selain itu terdapat pula beragam bunga-bunga lain yang menjadikan mata saya sejuk dan rasanya ingin terus di sana.

Banyak juga background dari bunga-bunga tersebut yang dapat digunakan sebagai latar untuk berswafoto. Yang saya salut memang setiap para pengunjung, wisatawan, traveler atau turis sekalipun bersama-sama menjaga kebersihan di kubah raksasa ini (karena ada denda juga). Entahlah kalau ini di Indonesia, apa jadinya.

Fyi untuk dapat menikmati keindahan tempat ini, kamu dikenakan tarif yang sama seperti yang terdapat di cloud forest, yaitu sekitar 274 ribu rupiah untuk turis asing. Untuk harga sekarang dari website sekitar SGD20.

Super Tree

Super Tree gardens by the bay SIngapore
Super Tree dari kejauhan

Tempat ini merupakan media untuk tanaman merambat pada baja besi yang tinggi nya mencapai 25-50 meter. Tanaman yang merambat tersebut di desain dengan sangat indah sehingga menyerupai pohon raksasa. Luas tempat ini sekitar 101 hektar dan setengah dari luas lahan tersebut ditanami dengan tanaman botanikal, yang merupakan menjadi bagian dari National Park Board’s yang ada di Gardens By The Bay. Selain itu, terdapat pula berbagai jenis flora yang langka dan merupakan tempat untuk konservasi beberapa jenis flora tersebut.

Super Tree Gardens By The Bay
Arsitektur ultra modern

Taman Super Tree di desain dengan indah baik secara horizontal maupun vertikal. Dan untuk membangun tempat ini, Gardens By The Bay membutuhkan biaya pembangunan sekitar 1 juta miliar dollar Singapura. Tentu kamu tidak boleh melewatkan untuk mampir di taman Super Tree jika kamu sedang berkunjung ke Gardens By The Bay ini. Kamu bisa mengakses dan menikmati Super Tree dengan cuma-cuma, alias gratis tanpa dipungut biaya.

Oh iya jika datang pada malam hari juga lebih menarik. Lampu atau cahaya yang warna warni menampilkan pohon raksasa yang cantik dan keren.

OCBC Skywalk

ocbc skywalk gardens by the bay
OCBC Skywalk

Tempat ini merupakan jembatan penghubung menuju Super Tree Gardens By The Bay Singapura. Kamu dapat menikmati pemandangan yang indah dan menakjubkan dari atas jembatan tersebut, di mana kamu akan merasakan sensasi seperti berjalan dari atas langit.

OCBC Skywalk Gardens By The Bay
Ngeri ngeri sedap juga nih

Untuk dapat mengakses jembatan ini kamu dikenakan tarif sebesar SGD8 saat itu atau jika di kurs rupiah sebesar 80 ribu rupiah. Panjang jembatan ini sekitar 128 meter dengan ketinggian dari atas permukaan setinggi 22 meter. Tempat ini dibuka mulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam, kamu bisa berfoto sepuasnya dan akan menjadi semakin hits juga eksis apabila di upload ke sosial media.

gardens by the bay
Saat Natal

Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi destinasi-destinasi baru di Gardens By The Bay yang bisa kamu eksplor saat berada di sana. Sebut saja kamu bisa piknik bersama keluarga di Bay East Garden, atau mengenal sejarah dan budaya via cerita-cerita yang berkaitan dengan tanaman di keempat area bertemanya melalui Heritage Gardens.

Jika membawa anak-anak, kamu juga bisa mengunjungi arena bermain Far East Organization Children’s Garden dan kawasan Dragonfly & Kingfisher Lakes yang nyaman dan sejuk. Teman-teman juga bisa menjelajahi kawasan Sun Pavilion yang dibangun dan mirip panorama gurun. Masih banyak lagi yang bisa kita kunjungi termasuk kawasan The Canyon yang memiliki koleksi batu pahatan atau patung. Yang paling penting menyisakan waktu untuk itu semua.

Cara Pergi ke Gardens By The Bay Singapore

event saat natal di gardens by the bay
Event saat natal

Nah jika sudah mengetahui destinasi yang akan dikunjungi, tentunya yang menjadi pertanyaan bagaimana cara kita kesana. Jika kalian naik taksi atau Grab tentunya sangat gampang tinggal membuka aplikasinya saja. Jika teman-teman datang mengunjungi destinasi ini menggunakan transportasi massal atau publik berikut caranya:

  • Jika teman-teman menggunakan kereta cepat atau MRT, silakan melalui MRT jalur Circle Line (jalur berwarna kuning) atau Downtown Line (jalur berwarna biru), kemudian bisa turun di Stasiun Bayfront (CE1/DT16) dan keluar melalui jalur Exit B, terus ikuti jalur bawah tanahnya. Selanjutnya teman-teman menyeberangi Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge ke Gardens by the Bay. Jika bingung melihat peta atau naik MRT bisa juga baca panduan cara naik MRT di Singapura ini.
  • Bisa juga dengan naik MRT jalur East-West Line (jalur berwarna hijau), dan turun di Stasiun Tanjong Pagar (EW15), kemudian kita keluar di Exit C dan melanjutkan menuju halte bus no. 03223 di International Plaza, Anson Road. Setelah itu naik bus no. 400 dan lalu turun di halte no. 03371 di sepanjang kawasan Marina Gardens Drive.
  • Cara lain dengan melakukan jalan kaki dari Helix Bridge ke The Art Science Museum. Ikuti saja jalan setapak yang mengarah ke arah bawah East Coast Parkway (ECP), nantinya teman-teman akan tiba di Bay South Garden.
  • Jika teman-teman berada atau dari Marina Bay Sands, berjalan kakilah melintasi Lions Bridge di Marina Bay Sands Hotel (biasa buka setiap hari dari pagi pukul 8 pagi hingga 11 malam), atau bisa juga mengambil jalur bawah tanah via Stasiun Bayfront (Exit B).

Well mudah-mudahan artikel telat saya ini bisa membantu teman-teman pembaca yang nanti akan kesana. Meskipun memang hingga saat ini kita tidak pernah tau kapan pandemi segera usai. Selain Gardens By The Bay Singapore ada banyak destinasi menarik lain yang bisa dikunjungi, termasuk tempat wisata di Singapura yang ramah anak.

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *