Oleh-Oleh Pekanbaru Riau yang Wajib Kamu Beli, Ada yang Unik

Banyak yang beranggapan tak banyak tempat wisata yang ada di kota Pekanbaru Provinsi Riau yang membuat kota ini tak layak dituju. Sebenarnya itu ngga bener kalau menurut saya, ada beberapa hal menarik yang bakal bikin kamu ingin ke Pekanbaru, salah satunya adalah ragam oleh-oleh Pekanbaru.

Memang ga bisa dipungkiri jika kota Pekanbaru yang menjadi ibukota Provinsi Riau ini lebih dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa. Namum demikian, tak berarti kota bisnis ini tidak mempunyai destinasi wisata menarik untuk di kunjungi. Coba saja lihat destinasi seperti Taman Bunga Impian Okura.

Namun kali ini Saya tidak akan membahas tempat wisata apa saja yang ada di kota ini. Berwisata di Pekanbaru aka kota Bertuah akan terasa sangat menyenangkan dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Kamu dalam menikmati liburan. Nah, saat berkunjung ke Pekanbaru jangan sampai lupa untuk membeli buah tangan dari Pekanbaru untuk keluarga Kamu di rumah.

11 Oleh-Oleh Pekanbaru ini Harus Kamu Cicipi

Pergi berwisata memang sangat identik dengan buah tangan khasnya, tak terkecuali saat berwisata di Pekanbaru ini. Banyak sekali pilihan dalam memilih sagu hati dari Pekanbaru yang bisa Kamu beli untuk buah tangan. Penasaran apa saja oleh-oleh khas dari Pekanbaru? Berikut ini ulasannya untuk Kamu berdasarkan pengalaman pribadi.

  1. Ketan Talam Durian
Oleh-Oleh Pekanbaru Riau yang Wajib Kamu Beli, Ada yang Unik
Manyus rasa duriannya

Berbicara tentang kue talam mungkin yang ada dipikiran teman-teman adalah sebuah kue talam yang menggunakan bahan gula merah, srikaya ataupun pandan. Nah kalau ini sedikit berbeda karena kue talam dari Pekanbaru ini berbahan durian.

Saya pribadi sangat suka, apalagi kue talam durian ini mempunyai tekstur yang lembut, dan pada sisi atasnya adalah rasa durian dan pada bagian bawahnya ketan. Semua menyatu dalam mulut, maknyus kalau kata pak Bondan.

Duriannya pun asli dan berkualitas, bukan hanya sekedar perasa. Buat yang belum tau, pelopor kue talam ini adalah Rumah Kue Viera.

Oh iya bahkan Kota Pekanbaru berhasil meraih award pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019 sesudah Ketan Talam Durian ini meraih peringkat dua kategori makanan tradisional terpopuler di tanah air.

Untuk harga tersedia mulai Rp. 40.000.

  1. Keripik Nanas
Oleh-Oleh Pekanbaru Riau yang Wajib Kamu Beli, Ada yang Unik
Keripik Nenas juga enak. Sumber foto dan toko Mega Rasa Pekanbaru

Keripik nanas adalah salah satu makanan khas yang bisa Kamu jumpai dengan mudah di berbagai sudut Pekanbaru. Olahan keripik nanas dengan cita rasa yang manis ini bisa membuat Kamu ketagihan pada saat mencicipinya. Harga per bungkusnya kurang lebih sekitar Rp15.000 saja.

Baca Juga :  Taman Bunga Impian Okura Pekanbaru Surganya Warna Warni Bunga

Sebenarnya, olahan keripik nenas ini berasal dari Kampar, namun karena lokasinya yang dekat dengan perbatasan kota Pekanbaru, membuat oleh-oleh ini turut menjadi bagian dari kota bertuah.

  1. Bolu Kemojo
Oleh-Oleh Pekanbaru Riau yang Wajib Kamu Beli, Ada yang Unik
aneka bolu kemojo mini

Bolu Kemojo sudah terkenal dari dahulu dan merupakan oleh-oleh khas dari Pekanbaru yang wajib Kamu cicipi saat berkunjung. Hampir rata-rata setiap wisatawan yang berkunjung akan membeli kue ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bolu Kemojo merupakan kue yang dibuat menggunakan santan murni yang dimasak dengan cara dikukus. Tekstur bolu ini memang berbeda dengan jenis bolu lainnya, sebab memiliki tekstur yang kenyal dan padat.

Bolu Kemojo saat ini dihadirkan dengan varian rasa yang pastinya sangat menggugah selera, antara lain hadir dengan varian rasa coklat, pandan, durian, dan nangka. Rasanya yang sangat nikmat cocok sekali dijadikan teman kopi dan teh. Untuk varian aslinya tetap pandan dan bewarna hijau.

Jika Kamu tidak menyukai ukuran standar dari bolu ini, kalian bisa juga menikmatinya dalam bentuk Bolu kemojo mini, yang ukuran diameternya lebih kecil.

  1. Dodol Kedondong
oleh-oleh Pekanbaru
Dodol kedondong khas Rengat yang juga menjadi oleh-oleh dari kota Pekanbaru. Sumber foto : riaudailyphoto.com

Kedondong adalah jenis buah dengan rasa asam manis yang banyak digunakan untuk rujak. Nah, di Pekanbaru Kamu dapat menemukan buah kedondong ini dibuat menjadi jajanan berupa dodol. Buah kedondong ini akan dimasak bersama dengan gula dan wijen.

Dengan rasa manis bercampur sedikit asam menjadikan dodol ini memiliki rasa yang pas di lidah. Oh iya memang lebih tepatnya ini menjadi oleh-oleh Rengat, sebuah kota di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Karena Pekanbaru menjadi ibukota, ternyata banyak pusat oleh-oleh di kota ini menjual dodol asal Rengat.

  1. Lempuk Durian
Rasa duriannya pasti asli. Sumber foto dan toko HS89

Durian rasanya sudah turut identik dengan provinsi Riau, jadi jangan lupa membeli lempuk durian saat berkunjung ke Pekanbaru. Lempuk durian adalah salah satu jajanan khas dan oleh-oleh Pekanbaru yang memiliki tekstur yang lengket dan kenyal. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar buah durian dan dibungkus dengan daun. Rasanya yang legit dan manis ini menjadikan oleh-oleh ini banyak diburu oleh para wisatawan.

Baca Juga :  Lubang Kalam, Sejarah Penghubung Riau - Sumatera Barat

Fyi sebenarnya juga nih, lempuk ini merupakan makanan tradisional asli khas Bengkalis, sebuah kabupaten yang ada di Riau. Karena distribusinya banyak beredar di kota Pekanbaru membuat makanan ini terkadang menjadi oleh-oleh dari kota Pekanbaru.

Lempuk terbuat dari daging durian terbaik yang dipadukan dengan gula pasir. Gula pasir sendiri bukanlah menjadi pemanis melainkan digunakan sebagai pengawet alami. Lempuk durian ini diolah dengan dimasak menggunakan wajan besar plus kayu bakar dengan api yang sedang.

Pada proses untuk mendapatkan aroma wangi yang khas, biji durian turut dimasakhingga berwarna kecoklatan dengan tekstur yang agak berserat. INi tentunya jelas berbeda dengan dodol yang biasanya kenyal. Rasanya sudah pasti sedap, dan bikin ketagihan wenak.

  1. Pancake Durian
oleh-oleh pekanbaru
Sedapnya pancake durian

Buat teman-teman yang merupakan pecinta buah durian, jangan lupa pula membeli dan mencoba pancake durian saat berkunjung ke kota kelahiran saya ini. Jajanan yang diolah dengan bahan dasar buah durian ini terasa nikmat disantap. Pancake durian ini dibuat dari bahan daging buah durian yang kemudian dihaluskan.

Selanjutnya, durian yang sudah dihaluskan tadi akan dimasukkan ke dalam kulit pancake yang lembut dan memiliki warna warni yang sangat menarik dan menggoda selera. Oh iya enak juga kalau dimasukan kedalam lemari es, dingin dingin empuk gitu.

  1. Salai Ikan Patin
Podo Patin/ Patin setengah kering. Sumber foto dan toko dari Dapur Mak Utih

Kota Pekanbaru, Riau terkenal dan terdapat ikan patin yang jumlahnya melimpah. Memanfaatkan stok ikan patin yang melimpah ini, masyarakatnya memiliki ide kreatif untuk mengolah ikan patin menjadi olahan yang nikmat, diantaranya yaitu salai ikan patin.

Salai ikan patin ini terbuat dari daging ikan patin yang diolah dengan cara diasap. Makanan satu ini bisa bertahan lama, bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Karena bisa tahan lama, maka makanan ini sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas dari Pekanbaru. Unik banget kan yaaaa.

  1. Pastel Ikan Patin
oleh-oleh Pekanbaru
Pastelnya gurih dan enak. Sumber foto : daerahkita.com

Tak hanya dibuat menjadi salai ikan patin saja, banyaknya ikan patin di sini juga membuat warga sekitar memiliki ide untuk membuat makanan lain berbahan dasar ikan patin, yaitu pastel ikan patin. Saya pribadi sebenarnya juga belum pernah mencobanya, namun dari testimonial beberapa teman, rasanya cukup menarik.

Baca Juga :  Lubang Kalam, Sejarah Penghubung Riau - Sumatera Barat

Pastel ini memang tidak berbeda jauh dengan pastel pada umumnya yang berisikan wortel, telur, dan sayuran lainnya. Perbedaan pada pastel ini yaitu terletak pada isiannya, sebab isi pastel di dalamnya yaitu berupa daging patin yang gurih, nikmat, dan kaya akan protein. Bergizi donk ya 😀

  1. Kue Bangkit
oleh-oleh Pekanbaru
Kadang pas lebaran juga sering ada kue bangkit. Sumber foto dan toko Mega Rasa Pekanbaru

Kue bangkit juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Kamu yang sedang mencari oleh-oleh Pekanbaru. Bahan dasar kue ini yaitu dari tepung sagu atau tepung tapioka. Rasanya sangat nikmat dan cocok sekali untuk dijadikan cemilan. Kue yang sejak zaman saya lahir ini telah ada, pada umumnya dibuat dengan bentuk seperti bunga.

  1. Lopek Bugi
Lopek bugih juga enak dijaikan oleh-oleh. Sumber foto: Instagram.com/cerita.riau

Lopek Bugi adalah jajanan favorit wisatawan karena memiliki rasa yang nikmat dan manis. Di berbagai sudut Pekanbaru, Kamu bisa menjumpai jenis makanan ini diperjualbelikan.

Sama dengan keripik nenas, sebenarnya makanan ini juga berasal dari Kampar, tepatnya di daerah Danau.

Makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar dari santan, garam, air pandan, pulut hitam, dan juga tepung beras. Ukuran jajanan ini mungil dan pas sekali untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Oh iya bentuknya kaya lapek/ lepat.

  1. Roti Jala
oleh-oleh pekanbaru

Jajanan khas dari Pekanbaru Riau selanjutnya yaitu roti jala. Mengapa dinamakan roti jala? Roti ini memang memiliki bentuk yang unik dan serupa dengan jala untuk menangkap ikan, tak heran jika makanan ini dinamakan dengan roti jala.

Jenis makanan khas Pekanbaru ini juga mudah dijumpai di berbagai tempat. Untuk menikmatinya, roti jala akan lebih nikmat jika disantap bersama dengan kuah yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti halnya kuah kari dan durian. Meskipun demikian, Kamu tetap bisa membeli kue ini tanpa menggunakan kuahnya.

Sebenarnya masih ada banyak pilihan untuk sagu hati dari Pekanbaru. Berbagai macam pilihan oleh-oleh Pekanbaru ini bisa Kamu dapatkan diberbagai tempat jual oleh-oleh yang ada di Pekanbaru. Pastinya dengan harga yang sangat bersahabat untuk Kamu.

Content Protection by DMCA.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.